Drone Tempur Militer Iran Mengejar Pesawat Mata-Mata AS Yang Mengganggu Saat Latihan Militer Zolfaqar-99

Jurnalpatrolinews – Teheran : Militer Iran mengatakan telah mencegat tiga pesawat AS yang menyusup ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) negara itu yang melanggar aturan saat latihan angkatan laut skala besar.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, militer mengatakan pesawat itu, termasuk drone P-8 Poseidon dan MQ-9 dan RQ-4, dicegat oleh drone bertenaga turbojet Karrar yang diproduksi di dalam negeri.

Pada hari kedua latihan, yang dijuluki Zolfaqar-99, tiga pesawat memasuki ADIZ sementara mereka telah diawasi oleh jaringan pertahanan udara terintegrasi Iran dari jarak beberapa kilometer, kata pernyataan itu.

Tercatat bahwa pesawat yang mengganggu dicegat setelah mereka mengabaikan peringatan untuk menjauh dari area latihan.

Militer Iran mengatakan pesawat itu membelok dan meninggalkan area latihan setelah drone Karrar diluncurkan.

Latihan tiga hari dimulai pada hari Kamis di bawah komando pangkalan Zolfaqar Angkatan Darat, dengan pengamat dari Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya juga hadir.

Latihan tersebut mencakup area seluas dua juta kilometer persegi di perairan timur Selat Hormuz dekat Teluk Persia, pantai Makran, Laut Oman dan Samudra Hindia utara hingga 10 derajat ke utara.

Pada hari kedua manuver, situs rudal garis pantai Angkatan Darat menembakkan rudal jelajah anti-kapal Qader, berhasil menghancurkan kapal musuh tiruan lebih dari 200 kilometer dari pantai.

Rudal jelajah anti-kapal Nasr juga ditembakkan dari kapal rudal Najm Iran, menghancurkan target yang ditentukan di perairan selatan negara itu.

Drone Kaman-12, yang merupakan drone tempur pertama Angkatan Darat Iran, juga melakukan operasi pengawasan di dalam batas manuver.

Dengan kemampuan serangan pin-point, Karrar adalah drone tempur strategis yang dapat mengirimkan muatan yang sebanding dengan pesawat berawak.

Sebelum latihan, Amerika dan semua pesawat militer ekstra-regional lainnya diperingatkan untuk menghindari zona latihan, yang mengakibatkan perubahan nyata dalam perilaku UAV Amerika yang beroperasi di daerah tersebut.

Komentar