Elektabilitas Prabowo Menurun, SMRC Catat: Ganjar Dan Anies Meningkat

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Elektabilitas Prabowo Subianto mengalami penurunan selama satu tahun terakhir yang terpantau oleh lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) .

 Hal yang berbeda justru terjadi dengan dua pesaingnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, yang meningkat elektabilitasnya. Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas menyampaikan bahwa dalam periode bulan Maret 2022 ini, pihaknya kembali mengukur ‘Prospek Capres 2024’.

Dalam surveinya, terkumpul sebanyak 43 nama calon yang dipilih oleh responden.

“Ganjar Pranowo mendapatkan 18,1% suara, Prabowo Subianto 17,6%, Anies Baswedan 14,4%, nama-nama lain di bawah 4%. Masih ada 13,7% yang belum menentukan pilihan,” kata Abbas dalam paparannya secara daring, Kamis (7/4/2022).

 Lebih jauh, kata dia, survei ini juga menunjukkan tren dari elektabilitas calon selama satu tahun terakhir

 Hasilnya, dalam satu tahun terakhir, dukungan pada Ganjar dan Anies mengalami penguatan. Hasilnya, suara untuk Ganjar naik dari 8,8% pada survei Maret 2021 menjadi 18,1% pada Maret 2022. Demikian pula dengan Anies Baswedan, suaranya naik dari 11,2% menjadi 14,4%.

“Sementara dukungan pada Prabowo mengalami pelemahan dari 20% menjadi 17,6%,” ujarnya.

Akan tetapi, Abbas memberikan catatan terhadap dukungan pada Ganjar.

Menurutnya, walaupun suara Ganjar mengalami peningkatan signifikan dalam setahun terakhir, namun cenderung datar dalam tiga bulan terakhir.

Komentar