Gali Lubang di Sel, WN China Napi Narkoba Kabur Lewat Samping Lapas

JurnalPatroliNews – Jakarta, Seorang narapidana narkoba warga negara China, Cai Changpan, kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan menggali lubang di selnya. Kalapas Kelas I Tangerang Jumadi mengatakan Cai kabur lewat samping lapas.

“(Galian lubang ke luar) samping lapas, jalan samping, Bukan lewat situ (jalan utama), di samping, dinding,” kata Jumadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/9/2020).

Dari hasil penyelidikan, Jumadi menyampaikan ada beberapa barang yang ditemukan di dalam sel Cai. Barang tersebut di antaranya obeng dan besi.

“Ya kemarin itu peralatan yang diketemukan (di sel) sudah di bawa ke Polresta. Ya ada obeng, ada besi, ya nanti di sana di Polres sana,” ujarnya.

Jumadi menuturkan proses penyelidikan masih berlangsung. Pihak lapas juga masih menggali informasi lebih lanjut dari teman sel Cai.

“(Penyelidikan) ya belum (selesai). Kita lihat dulu ininya, kan masih menggali-gali informasi, kita gali dulu yang lainnya, temannya seperti apa karena kan nggak semua itu, masih ada prosesnya,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa kaburnya Cai terjadi pada Senin (14/9) pagi. Jumadi memastikan ada lubang di dalam kamar sel Cai. Setelah ditelusuri, lubang itu terhubung ke bagian luar lapas.

“Ada, ada (lubang di luar lapas), dalam artian memang dia yang bikin, dari bikinan dia (lubang),” ujar Jumadi.

Sementara itu, melalui pesan singkat, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan Kasus ini tengah ditangani oleh Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM. Proses investigasi masih terus berjalan.

“Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan investigasi oleh tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Inspektorat Jenderal Kemenkum HAM, Kanwil Kemenkum HAM Banten,” ujar Rika.

(dtk)

Komentar