Garuda Wisnu Kencana Bangkitkan Geliat  Pariwisata di Bali, Ini Faktanya

Patung Garuda Wisnu Kencana/Net

JurnalPatroliNews – Bali,- Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park yang terletak di kawasan Ungasan, Kabupaten Badung, Bali terus mendorong pelestarian budaya Bali khususnya seni Ogoh-Ogoh.

“Melalui rangkaian kegiatan Festival Ogoh-Ogoh GWK 2022 itu kami berharap dapat menjadi corong untuk menggaungkan semangat kreativitas para pemuda, seniman Ogoh-Ogoh dalam upaya melestarikan serta memperkenalkan seni budaya Bali pada dunia,” ujar Marketing Communication & Event Division Head GWK Cultural Park Andre Prawiradisastra.

Bacaan Lainnya

Upaya pelestarian budaya tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan Lomba Ogoh-Ogoh Mini dan Lomba Tapel Ogoh- Ogoh serta pementasan Ogoh-Ogoh kolosal yang diselenggarakan GWK beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, lomba Ogoh-Ogoh itu mengusung tema dari cerita rakyat Bali, tema Bhutakala atau Pemurtian dan wajib memasukkan unsur budaya Bali di dalam karya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, para peserta dilarang menggunakan bahan sintetis seperti plastik, styrofoam, spons dan sejenisnya.

“Kami mengharuskan para seniman memakai bahan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang, dan dapat terurai secara alami jadi syarat yang harus dipenuhi peserta lomba,” katanya.

Andre Prawiradisastra menjelaskan, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park mengusung visi menjadi destinasi wisata nomor satu yang menyajikan ragam seni budaya Bali.

Dengan misi Community Enggagement, GWK juga menggandeng pihak-pihak yang memiliki kesamaan obyektif untuk melestarikan serta memperkenalkan keindahan budaya Bali kepada masyarakat luas.

“Melalui kegiatan ini kami optimis dapat membangkitkan geliat dunia pariwisata di Bali untuk bergerak maju dan melakukan inovasi dengan tetap menjaga nilai-nilai kearifan budaya Bali,” ungkapnya.

Pos terkait