Gelar KTT G20 Di Bali, RI Undang Putin Karena Rusia Adalah Anggota

Foto: /Net

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara G20 yang akan diselenggarakan di Bali, kabarnya akan dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin ditengah Invasi Negara Nya Ke Ukraina.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, mengatakan, Indonesia selaku ketua Presidensi G20 mengundang seluruh Negara Anggota, termasuk Rusia.

Bacaan Lainnya

“Sebagai Presidensi dan sesuai dengan Presidensi-presidensi sebelumnya, adalah untuk mengundang semua Anggota G20, dan bahwa Diplomasi Indonesia selalu didasarkan pada prinsip-prinsip Base on Principal,” ujar Triansyah Djani, Duta Besar RI, sekaligus Staf Khusus Program Prioritas Kemlu dan Co-Sherpa G20 Indonesia, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (24/3/22).

Ia menyatakan, sikap Indonesia di berbagai forum atau Organsiasi Internasional selalu berpegang pada aturan Presidensi.

“Oleh karena itu, memang kewajiban Presidensi G20 untuk mengudang semua Anggotanya,” imbuhnya.

“Khususnya Negara berkembang ini masih sulit, ekonomi masih sulit mencapai target, maka G20 fokus Until Global Recovery tersebut,” ucapnya.

Lyudmila Vorobieva Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia mengatakan tuan rumah G20 Jakarta telah mengundang Putin ke KTT Kepala Negara November 2022 di Bali nanti.

“Tergantung banyak hal, termasuk situasi Covid yang semakin membaik. Tapi, sejauh ini ya niatnya datang,” bebernya kepada wartawan. *edha

Pos terkait