Genjot Kepercayaan Wisatawan, Sandiaga Uno, Bakal Gerak Cepat Pasang Jurus ‘CHSE’

JurnalPatroliNews – Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terpilih Sandiaga Uno punya pekerjaan rumah yang besar dalam mengembangkan pariwisata serta ekonomi kreatif di tengah-tengah badai pandemi corona (Covid-19).

Demi membangkitkan pariwisata RI Sandi bakal menerapkan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE). Dia mengaku bakal bergerak cepat, melakukan rapat virtual dengan para Kepala Dinas yang membidangi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di lebih dari 200 wilayah, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota

“Untuk itu, kami ingin memastikan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environmental) atau K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, & Keberlanjutan Lingkungan) dapat terimplementasi dengan baik,” kata Sandi lewat akun twitternya @sandiuno dikutip, Minggu, (27/12/2020).

Lebih lanjut Sandi menyatakan, tujuannya dari penerapan CHSE adalah untuk meningkatkan kembali kepercayaan para wisatawan. Sehingga usaha-usaha masyarakat di sekitar tempat wisata dapat menggeliat dan lapangan kerja tercipta.

“Kontribusi sektor pariwisata dan industri kreatif terhadap penciptaan lapangan kerja sangat besar. Kita optimis seiring dengan teratasinya pandemi covid-19, sektor ini pasti segera bangkit dan lapangan kerja kembali terbuka luas,” tegasnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno buka-bukan soal beratnya tantangan membangkitkan wisata di tengah dan usai pandemi covid-19. Sektor ini juga sangat penting karena menyangkut banyak tenaga kerja. Namun, ia menyiapkan strategi agar sektor wisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit lagi.

“Saya sendiri baru saja selesai dalam pemulihan penyakit covid-19, yang saya rasakan sendiri selama 2 minggu terakhir dan tentunya dalam konteks ini tugas dan amanah yang disampaikan bapak presiden dan wapres teramat sangat berat,” kata Sandiaga Uno di Istana, Selasa (22/12/2020).

“Sektor pariwisata dan eko kreatif akan menjadi lokomotif pasca pandemi untuk kita melanjutkan agenda pembangunan di sektor ini untuk membuka lapangan kerja dan hadirkan kesejahteraan dan rakyat,” katanya.

Ia mengatakan di sisi lain perlu strategi untuk membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Strategi yang mungkin bisa diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, pendekatan-pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan. Bukan hanya survive but also thrive,” katanya.

(*/lk)

Komentar