Genpi Gelar Video Conference Meeting Bersama Wishnutama, Sinergi Makin Mantap

JurnalPatroliNews-Jakarta,– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar conference meeting melalui zoom bersama pengurus Generasi Pesona Indonesia (GenPi) nasional atau yang biasa disingkat Genpinas, pada Senin (13/7/2020).

Hadir dalam meeting tersebut Menparekraf Wishnutama, Deputy Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Rizki Handayani Mustafa, Kabiro Komunikasi Kemenparekraf Agustina Rahayu dan jajaran Kemenparekraf yang memberi arahan langsung kepada pengurus Genpinas.

Ketua Umum Genpinas Siti Chotijah yang akrab dipanggil Mbak Jhe, menyampaikan presentasi singkatnya terkait update, program kerja dan berbagai usulan komunitas Genpi dari seluruh Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, Genpi menyatakan kesiapan dukungan kepada Kemenparekraf khususnya pada masa adaptasi tatanan baru dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada pandemi COVID-19.

Ketua Pembina Genpinas Heru Mataya menggaris bawahi bahwa Genpi sebagai komunitas yang tersebar lebih di 200 Kabupaten Kota siap bersinergi dan melanjutkan perjuangan yang telah berjalan lebih dari 4 tahun ini.

“Sebagai komunitas, Genpi wajib bersinergi agar sinkron dan satu visi dengan apa yang ingin dicapai oleh Kemenparekraf,” ucap Heru.

Sementara itu dalam arahannya, Wishnutama mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Genpi lakukan.

Wishmutama berharap agar kedepan, Genpi lebih eksis lagi, memperluas gerakannya dengan menambah member aktif dan melaksanakan berbagai kegiatan positif.

“Bukan hanya dalam pariwisata dan ekonomi kreatif namun juga dalam meningkatkan skill serta peran serta di masyarakat,” ujar Wishnutama.

Sinergi dan dukungan dalam pencapaian tersebut akan diberikan namun juga harus jelas dan terukur.

Meskipum komunitas, namun wajib menerapkan KPI (Key Performance Indokator) dalam kinerja dan kegiatan yang dilakukan.

Rizki Handayani pun mengatakan, sinergi di daerah sangat penting dan harus berjalan seiring dengan Dinas Pariwisata, asosiasi serta industri di daerah masing-masing.

“Kemenparekraf membutuhkan Genpi bukan hanya untuk pemasaran saja namun juga untuk mengkomunikasikan berbagai hal seperti protokol kesehatan serta kebijakan pemerintah khususnya dalam memulihkan citra pariwisata dan ekonomi kreatif setelah pandemi,” ungkap Rizki.

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi sektor yang sangat terimbas akibat pandemi COVID-19, sehingga sinergitas dan kerja bersama menjadi sangat penting untuk mempercepat pemulihan.

Sebagai komunitas, Genpi dapat berperan melalui gerakan online maupun offline yang terpenting adalah manfaat yang harus dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Selain nama-nama di atas, hadir pula dalam pertemuan ini Osvian Putra selaku anggota pembina Genpinas, Sekjen Genpinas Ghera Nugraha Ruhimat, Bendahara Umum Mala Mardialima beserta Ketua Divisi dan anggota Divisi Genpinas.

(HardinanSangkoy)

Komentar