Gereja Berubah Menjadi Masjid di Hamburg Jerman

JurnalPatroliNews – HAMBURG,– Foto sebuah gereja Lutheran Capernaum di Hamburg Jerman diubah menjadi masjid pada 2018 muncul di Media Sosial Facebook.

Masjid itu kini bernama Masjid Masjid Al-Nour. Namun sayangnya informasi tentang hal ini yang dibagikan oleh postingan akun Facebook Abdul Menk keliru lokasi kota dan negara.

Abdul Menk menuliskan dalam keterangan foto itu bahwa bangunan rumah ibadah itu berada di Washington DC, Amerika Serikat (AS), padahal lokasi berada di Hamburg, Jerman.

Foto itu asli, namun narasinya salah dan yang benar adalah bangunan berlokasi di Hamburg, Jerman .

“Gereja di Washington Amerika…berubah menjadi masjid sekarang dinamai masjid issa ibn maryam”, bunyi postingakun Facebook Abdul Menk yang diterbitkan pada 6 Februari 2021. Pihak Facebook langsung menandainya sebagai informasi palsu.

Posting tersebut mencakup dua gambar berdampingan dari atas struktur yang sama. Bangunan pada foto di sebelah kanan memiliki tanda salib di bagian atas, sedangkan di sebelah kiri terdapat tanda bertuliskan “Allah” dalam bahasa Arab.

Mayoritas komentar di posting-an tersebut menunjukkan dukungan untuk konversi bangunan, meskipun beberapa mengeklaim foto tersebut telah direkayasa.

Kedua foto tersebut benar-benar asli, tetapi klaim bahwa bangunan itu di Amerika Serikat adalah palsu. Foto-foto tersebut adalah sebuah gereja di Hamburg, Jerman yang diubah menjadi masjid pada tahun 2018. Dulunya adalah Gereja Lutheran Capernaum, kini bangunannya menjadi Masjid Al-Nour.

Laman AFP Fact Check, yang dilansir Ahad (21/2/2021), melacak foto tersebut dibagikan ke blog ekstremis berbahasa Belanda yang berbasis di Belgia. Menurut alat gambar terbalik TinEye, foto itu pertama kali muncul online pada 1 Juli 2016.

Pencarian padafoto Getty mengungkapkan banyak foto yang mendokumentasikan peresmian masjid. Pada caption foto diketahui bahwa bangunan tersebut merupakan “bekas gereja”.

AFP Fact Check melakukan geolokasi bangunan di Hamburg dengan alamat masjid Al-Nour yang disediakan oleh Google. Menggunakan opsi Google Street View, AFP Fact Check menemukan gambar bangunan di mana menara bata merah terlihat jelas.

Menurut informasi yang diberikan oleh Google, gambar tampilan jalan diambil pada bulan April 2010, sebelum bangunan diubah menjadi masjid. Melihat lebih dekat ke menara mengungkapkan sebuah salib di atasnya.

Upacara peresmian masjid dilakukan pada 26 September 2018. Pencarian di YouTube menghasilkan cuplikan upacara peresmian, yang diunggah pada 9 Oktober 2018. Menurut pemberitaan RMX, mantan duta besar Kuwait, Nadzib Al-Bader, dan mantan ketua umum Dewan Pusat Muslim di Jerman, Aiman Mazyek, menghadiri pembukaan masjid tersebut.

Tanda tulisan “Allah” yang berada di atas menara hari ini terlihat jelas di awal rekaman yang diambil oleh ARD Mittagsmagazin di YouTube pada hari upacara pembukaan masjid. (okz)

Komentar