Gerindra Bela Anies Temui Rizieq: Kenapa Jadi Ribet Gitu Ya

JurnalPatroliNews – Jakarta, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik menilai kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Selasa (10/11) malam tidak perlu dipersoalkan. Taufik menyebut, kunjungan tersebut sebagai hal yang wajar.

“Itu kan pertemuan biasa, Rizieq sebagai warga negara, Anies sebagai gubernur. Saya kira pertemuan itu biasa aja, jangan dipersoalkan,” kata Taufik saat dihubungi, Rabu (11/11).

Kunjungan Anies ke kediaman Rizieq semalam menjadi polemik. Salah satu alasannya, kunjungan tersebut dilakukan Anies di saat Rizieq yang tengah menjalani isolasi mandiri setibanya di Indonesia dari Arab Saudi sebagai salah satu protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19).

Taufik mengatakan dalam pertemuan tersebut semua pihak yang hadir juga mematuhi protokol kesehatan. Dari foto yang beredar, kata dia, baik Anies dan Rizieq juga memakai masker dalam pertemuan itu.

“Ketika ketemu kan ada protokol kesehatannya, saya lihat pakai masker, Anda juga ketemu teman di kantor pakai masker. Kenapa jadi ribet gitu ya, kan pakai masker. Itu sudah dijaga lah,” tuturnya.

Sebelumnya, Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut tindakan Anies yang mengunjungi Rizieq merupakan tindakan yang tidak bijak di masa pandemi. Anies, kata dia, dapat dikatakan melanggar protokol kesehatan, yaitu bertemu dengan orang yang baru saja bepergian dari luar negeri.

Ia juga menyinggung kepekaan terhadap situasi pandemi Anies yang kurang. Apalagi, menurut Dicky, Anies adalah seorang tokoh publik yang harus memberikan contoh kepada masyarakat.

Tindakan Anies itu dinilai dapat membawa pengaruh negatif pada masyarakat. Masyarakat, kata dia, nantinya juga bisa melanggar protokol kesehatan dengan mengadakan pertemuan, sama seperti yang dilakukan Anies.

Kritik juga dilancarkan oleh Anggota Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Ia mengatakan, Anies telah melanggar aturan dalam peraturan daerah DKI tentang penanggulangan Covid, mengingat Rizieq seharusnya masih dalam masa isolasi yang membuatnya tidak dapat ditemui.

Gilbert mendorong agar hal ini disikapi oleh Kementerian Dalam Negeri dan mengevaluasi tindakan Anies.

Sebelumnya, Anies diketahui mengunjungi Rizieq Shihab di kediamannya, Selasa (10/11) malam. DPP FPI mengunggah foto pertemuan itu lewat akun Twitter, @DPPFPI_ID.

Anies terlihat duduk di sisi kanan Rizieq sembari mengacungkan jempol tangan kanannya. Anies mengenakan kemeja putih dengan balutan jas hitam dan peci hitam. Ia mengenakan masker. Sementara Rizieq memakai gamis putih dilengkapi peci dengan warna serupa. Ia juga mengenakan masker.

Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Maarif membenarkan pertemuan itu. Menurutnya pertemuan itu terjadi di kediaman Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat. Namun Slamet menyebut, pertemuan itu hanya merupakan silaturahmi antara Gubernur dengan warganya.

Selain itu terlihat pula Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustad Tengku Zulkarnain. Zulkarnain lewat instagram mengunggah foto bersama Anies dan Rizieq. Ia menulis tentang persahabatan dalam unggahan foto tersebut.

(cnn)

Komentar