Gubernur Sulawesi Utara Buka Bazzar UMKM HUT RI

ist

JurnalPatroliNews-Manado,-Di tengah momentum kemerdekaan Negara Republik Indonesia Ke-75 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membuka Bazzar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Mau tidak mau, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sulawesi Utara harus siap ‘Go Digital’ dari sekarang sebelum terlambat, dalam rangka mendongkrak penjualan.Demikian ditegaskan Gubernur Sulawesi Utara, yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ronald Sorongan, saat membuka pelaksanaan Bazzar UMKM Sulut 2020 yang dimotori Ormas JPKP Nasional, di atrium Megamal Manado, Senin 17 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Bazzar yang dilaksanakan dalam rangka hari Proklamasi RI ke-75 itu mengambil tema : ‘UMKM Jualan Lagi’, dan diikuti ratusan UMKM dari Manado dan beberapa Kabupaten Kota lainnya di Sulut.

Karena kegiatan ini tak hanya dilaksanakan di Megamal, tapi juga dilaksanakan serentak di beberapa ritel, antara lain Lotte, Alfamart, Indomaret dan IT Center,” ujar Ronald Sorongan.

Untuk penjualan digital menurut Ronald Sorongan, pihak Dinas Koperasi dan UKM sudah melakukan kerjasama dengan beberapa aplikasi penjualan seperti Tokopedia dan lain sebagainya.

“Hasil penjualan tersebut dilakukan secara transfer oleh perusahaan aplikasi,” ucap Ronald Sorongan.

Untuk itu UMKM Sulut harus segera mendaftarkan ke Dinas Koperasi dan UKM Sulut untuk didata dan produknya dijual di aplikasi tersebut dan hasil penjualannya ditransfer direkening masing-masing pengusaha UMKM.

“Karena itu kualitas produk, baik kemasan dan mutu produk harus benar-benar diperhatikan. Karena kualitas produk dan kemasan adalah yang terpenting untuk bisa bersaing dipasaran,” tegas Sorongan.

Penyelenggara Bazzar, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Nasional Sulawesi Utara, melalui Ketuanya Tammy Gerrits, pada acara itu menegaskan, JPKP Nasional siap mengawal dan memberikan pendamping bagi pelaku usaha UMKM Sulut untuk bisa eksis lagi penjualannya ditengah masa pandemi covid-19 ini.

“Untuk itu, bagi anggota UMKM yang selama ini hanya berjualan dari rumah, diberikan kesempatan berjualan di mal dan ritel ternama,”tandasnya.

Selain dihadiri Kadis Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan, pembukaan itu juga dihadiri pimpinan Alfamart, Iwan, Ketua dan sekertaris JPKP Nasional Sulut Tammy Gerrits dan Isak Chanong, dan ratusan anggota JPKP Nasional dan pelaku usaha UMKM Sulut.

Pelaksanaan Acara Bazzar ini akan berlangsung hingga 29 Agustus 2020. Sedangkan jenis produk yang dijual di Bazzar antara lain, makanan olahan seperti keripik pisang, abon cakalang, abon roa, pecel manado, kue kering dan kue basah, sedangkan jenis minuman ada softdrink kopi dalam kemasan botol dan lain sebagainya.

(***/HardinanSangkoy)

Pos terkait