Hadapi Perubahan Iklim Investasi, Sri Mulyani: Pemerintah Sudah Siap!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemerintah terus bersiap dalam meminimalisir perubahan iklim (climate change). Ancaman besar selain Covid-19 ini harus dihadapi serius. Sri Mulyani, Menteri Keuangan mengindikasikan hal tersebut.  Ia mengatakan terkait dananya, Pemerintah menggunakan kebijakan Insentif bagi Perusahaan yang melakukan aksi-aksi perubahan iklim. Saat ini pemerintah tengah mengembangkan pembiayaan Inovatif terkait hal ini.

“Resiko dan Investasi transisi energi hijau memang besar. Begitu juga dengan Proyek-proyek adaptasi perubahan iklim. Private sector pasti akan menghitung, resiko dan benefitnya. Misalnya soal Eksplorasi dan Investasi di bidang Geotermal yang besar resiko. Tapi pemerintah tentunya akan menggunakan Policy Insentive,” ungkap Sri Mulyani dalam Rapimnas Kadin, di Bali akhir pekan ini.

Suharso Monoarfa, Menteri Bappenas, menyebutkan, uang yang perlu dikeluarkan memang tidak sedikit. Besarnya Investasi dana perubahan iklim, Net Zero Emission dan transisi energi hijau memang membuat Pemerintah tidak bisa sendirian. Namun, kata Suharso, ekonomi atau industri hijau ini punya peluang ekonomi yang besar.

Komentar