82 dibaca,  1 dibaca hari ini

JurnalPatroliNews – Denpasar – Gubernur Bali Wayan Koster menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali periode 2019-2024. Pengurus baru dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S.Depari di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Jumat pagi (24/07).

Koster mengatakan, media memiliki peran strategis dalam penyebarluasan informasi dan edukasi publik. Terlebih di era keterbukaan informasi publik seperti sekarang, kontrol masyarakat dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan oleh badan publik, terutama pemerintah.

“Media menentukan baik buruk kualitas komunikasi pimpinan di daerah dan masyarakat. Kebijakan Gubernur harus diketahui masyarakat, supaya masyarakat tahu apa yang dilakukan pimpinan daerah,” kata Gubernur Koster.

Gubernur mengatakan, apa yang dilakukan pers di Bali sudah relatif baik. Informasi yang disajikan cukup berimbang dan sesuai dengan fakta pemberitaan. Meski, gubernur juga menyoroti, penggunaan ^lclick bait di beberapa judul berita.

Terkait dengan hal itu, Koster mempermaklumkan, pemilihan judul sedikit sensasional akan mendatangkan jumlah pembaca.

“Dari kontens sajiannya sudah berkualitas. Tidak perlu memuji-muji tapi tetap sesuai fakta yang ada,” ujarnya.

Menakar hubungan baik yang dibangun dengan para media, Gubernur merasa perlu untuk menjalin kerjasama formal. Kebijakan itu, dikatakan Gubernur, sudah berjalan secara profesional dan proporsional.

Di sisi lain, Gubernur Wayan Koster juga mengatakan, tantangan pers kedepan semakin tinggi. Dengan platform teknologi yang kian berkembang, jurnalis membutuhkan skill khusus agar dapat mengikuti perubahan peradaban di era milenial.

“Itu bagian dari tugas yang dilakukan PWI, agar para wartawan di PWI bisa difasilitasi dalam peningkatan SDM, kami akan fasilitasi. Untuk itulah, dalam pelantikan ini saya sudah siapkan harus hadir,” kata Koster.

Ketua PWI Pusat Atal S.Depari memberikan apresiasi kepada Pemprov Bali. Menurutnya, media di Bali telah mendapatkan ‘energi’ untuk tetap bertahan di tengah terpuruknya perekonomian akibat pandemi covid-19.

Ia meyakini, dengan ‘energi’ baru yang ada, media akan lebih intensif berpartisipasi dalam mengakhiri pandemi covid-19. Informasi akan bahaya covid-19 akan lebih cepat tersampaikan ke masyarakat.

“Sebelum ke Bali, saya ikut dewan pers menghadap presiden, kita pengen ajukan insentif kepada pemerintah. Tapi disini, Gubernur sudah mengeluarkan insentif,” kata Atal S.Depari.

Pelantikan pengurus PWI Bali sekaligus melantik kepengurusan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) periode 2019-2024. (TiR).-

Foto: Gubernur Bali Wayan Koster didampingi istri Putri Suastini Koster, Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua terpilih PWI Provinsi Bali periode 2019-2024 IGMB Dwikora Putra (Istimewa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *