Hari Bersejarah! Swedia dan Finlandia Resmi Umumkan Bergabung Dengan NATO

Foto: AFP

JurnalPatroliNews – Jakarta – Swedia dan Finlandia akhirnya secara resmi mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan NATO. Keanggotaan dua negara di NATO ini antara lain dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Dilansir dari Aljazeera, Senin, 16 Mei 2022, dua negara ini sebelumnya memiliki kebijakan non-blok militer. Namun kebijakan itu berubaha akibat perang di negara tetangganya itu.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah hari yang bersejarah. Era baru sedang dibuka,” kata Presiden Finlandia Sauli Niinisto kepada wartawan pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Sanna Marin pada Minggu, 15 Mei 2022.

Parlemen Finlandia diperkirakan akan menyetujui keputusan tersebut dalam beberapa hari mendatang.

Sebuah aplikasi keanggotaan formal akan diajukan ke markas NATO di Brussels dalam beberapa pekan ke depan.

Swedia juga secara resmi mengajukan keanggotaan NATO setelah Partai Sosial Demokrat yang berkuasa mendukung bergabung dengan aliansi trans-Atlantik.

Partai itu mengatakan pihaknya mendukung Swedia bergabung dengan NATO. Dukungan untuk bergabung dengan aliansi militer NATO melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam konferensi pers, Minggu, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson hal terbaik untuk keamanaan negara ini adalah bergabung dengan NATO.

“Kami percaya Swedia membutuhkan jaminan keamanan formal yang datang dengan keanggotaan di NATO,” katanya.

Partai Sosial Demokrat juga mengatakan hari Minggu bahwa jika aplikasi Swedia disetujui, mereka akan menolak penyebaran senjata nuklir dan pangkalan permanen di wilayah negaranya itu.

Pos terkait