Hasil Pilpres Joe Biden-Kamala Sebagai Pemenang, Ini Bukan Batu Sandungan Prabowo Maju Di Pilpres 2024

  • Whatsapp
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Hasil pemilihan presiden Amerika Serikat yang memutuskan Joe Biden-Kamala Harris sebagai pemenang tak akan berpengaruh kepada kontestasi Pilpres 2024 di Indonesia mendatang.

“Hasil Pilpres AS tidak ada pengaruhnya dengan Pilpres Indonesia. Indonesia adalah negara berdaulat. Tidak boleh ada kekuatan apapun di dunia ini yang bisa membelokkan kedaulatan rakyat Indonesia,” kata Aktivis Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima), Sya’roni kepada rekan media, Minggu (8/11).

Bacaan Lainnya

Pun demikian saat politik AS dikaitkan dengan sosok Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang digadang-gadang akan terkatrol menjelang 2024 mendatang.

Hal itu berkenaan dengan kunjungan Prabowo ke AS beberapa waktu lalu. Kedatangan Prabowo ke AS akhirnya terjadi di era Presiden Donald Trump setelah pada pemerintahan presiden terdahulu selalu dicekal.

Namun demikian, Sya’roni berpandangan bahwa kedatangan Prabowo ke AS terjadi dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan RI, bukan sebagai capres 2024.

“AS memandang penting peran Indonesia dalam konflik Laut China Selatan. Dikaitkan dengan kalkulasi Pilpres 2024, tampaknya AS tidak akan menjadi penghalang bagi Prabowo Subianto bila maju,” tegasnya.

Soal hubungan Indonesia dengan AS, ia justru memprediksi bila hubungan kedua negara akan lebih dekat dengan kepemimpinan Joe Biden.

“Bisa jadi kemenangan Biden makin menambah mesra hubungan AS dengan Indonesia. Biden tipikal internasionalis yang mengedepankan kerjasama multilateral. Dalam menghadapi China, akan lebih efektif bila merangkul ASEAN,” tandasnya.

(*/luk)

Pos terkait