Hindari Kemacetan Dijalan Tol Saat Mudik, Erick Thohir Sarankan Hal Ini. Cek Disini!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Dua tahun tidak melakukan mudik karena pademi Covid-19, kini setelah Pemerintah mengijinkan masyarakat pulang kampung, tidak terbayangkan kemacetan luar biasa yang terjadi diruas jalan Tol akibat mudik untuk merayakan Idul Fitri 2022 bersama keluarga.

Melihat hal ini, Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik (BUMN), menyarankan tiga hal untuk mengatasi kepadatan arus mudik di jalan tol.

Pertama, dirinya menyarankan, sinkronisasi informasi secara kontinyu. Kedua, konsistensi dalam menjalankan peraturan yang telah ditetapkan seperti ganjil-genap, satu arah, dan mempercepat akses keluar-masuk di Rest Area.

“Ketiga, jalur Alternatif yang sudah bapak-bapak skenario kan, dari plan (rencana) A sampai plan D. Fokus di situ yang kita terus dorong,” sarannya, Sabtu (30/4/22).

Menteri BUMN mengatakan lonjakan luar biasa terjadi dalam arus mudik Lebaran 2022. Hal ini tak lepas dari kerinduan banyak orang yang sudah dua tahun tidak mudik.

Dalam pantauannya, Ia menyebut, kepadatan mulai terjadi saat kendaraan memasuki area luar Jakarta. Sementara jalur selatan dilaporkan belum dapat dimaksimalkan karena minimnya fasilitas umum seperti toilet hingga tempat makan.

“Tadi saya sudah memantau melalui udara. Saya merasakan kegalauan dan kompleksitas yang tidak mudah, mengingat Ekspektasinya luar biasa karena dua tahun tidak mudik,” ungkapnya.

Komentar