Hubdam XII/Tpr Dirikan Posko Bantuan di Lokasi Banjir

JurnalPatroliNews, Pontianak Kalbar – Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kalimantan Barat mengakibatkan listrik dan jaringan telekomunikasi terputus. Untuk memudahkan komunikasi, pada hari Rabu kemarin Perhubungan Kodam (Hubdam) XII/Tanjungpura mendirikan Posko Bantuan Komunikasi di lokasi banjir diantaranya di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu dan Pemuar, di Kabupaten Melawi.

Wakahubdam XII/Tpr, Letkol Chb Syahrul Romadhan dalam keterangannya menjelaskan, pendirian Posko Bantuan Komunikasi di lokasi banjir ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengingat PLN di lokasi banjir mati total sehingga sinyal atau jaringan internet lumpuh.

“Menindaklanjuti perintah tersebut, salah satu yang kami lakukan adalah dengan menggelar radio Single Side Band (SSB) yang dilengkapi dengan sumber tenaga melalui Solar Cell atau tenaga surya,” jelas Wakahubdam Kamis (17/9)

Lanjut Wakahubdam menjelaskan, radio SSB digelar oleh Hubdam XII/Tpr melalui dua tim dari personel Denhubrem 121/Abw. Tim menggelar radio SSB di di Koramil 1205-16/Pemuar dan Kodim 1206/Psb.

“Alhamdulilah setelah seluruh instalasi radio terpasang di dua lokasi, semuanya sudah bisa dilakukan untuk komunikasi, baik ke Makodim, Korem dan Kodam,” ujar Letkol Chb Syahrul Romadhan mengakhiri. (Suluh)

Komentar