Ikan Paus Rynocodontypus Terdampar dan Mati di Klungkung

  • Whatsapp
Foto: Polisi bersama warga setempat mengubur ikan paus yang mati terdampar di perairan Klungkung. -Ist-

JurnalPatroliNews – Klungkung – Warga di sekitar Pantai Tegal Besar Desa Negari, Klungkung dihebohkan dengan penemuan lkan Paus rynocodontypus yang terdampar dan mati tanpa sirip pada Sabtu (08/05).

Awalnya, ikan raksasa itu ditemukan warga pada Jumat sore (07/05) pukul 17.00 Wita. Orang pertama yang menemukan ikan jenis hiu raksasa tersebut, adalah l Wayan Sudarma bersama beberapa warga setempat.

Temuan itu lantas ditindaklanjuti oleh Bhabinkamtibmas I Wayan Sudarma bersama warga dengan menarik ikan tersebut ketengah laut.

Namun pada hari Sabtu pagi (08/05) sekitar pukul 08.45 Wita, ikan itu kembali ditemukan di pantai Tegal Besar Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Nahasnya, saat itu ikan tanpa sirip tersebut sudah dalam keadaan mati.

Atas kejadian tersebut Kapolres Klungkung AKBP Bina Aria Viyasa, S.IK, SH, MH bersinergi dengan Balai Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut mengambil tindakan.

Dia menjelaskan, bahwa kembali di temukannya tersebut dalam kondisi mati dan ekor sudah tidak ada, sirip juga sudah tidak ada.

“Team Polri-TNI memutuskan ikan untuk dikubur agar tidak menimbulkan bau busuk dan menjadi sumber penyakit maupun mencemari lingkungan pesisir,” jelas Kapolres.

Terhadap kejadian terdamparnya ikan hiu raksasa sering terjadi di beberapa wilayah di pesisir pantai Bali, Kapolres menghimbau kepada masyarakat pesisir jika mengetahui kejadian serupa agar cepat melaporkan, supaya secepatnya bisa dievakuasi dan diselamatkan.

(* – TiR).-

 

Pos terkait