Ilmu Pertahanan

Belajar dari perang Rusia-Ukraina, kekuatan Astagatra bisa menjadi instrumen kebijakan yang sangat penting guna meningkatkan “daya tawar” suatu negara di dalam memperjuangkan kepentingan nasionalnya. Bagi Indonesia sendiri, dalam praktek kebijakan luar negeri dan pertahanan, berbagai “simulasi” baik secara sendiri-sendiri, maupun sebagai satu kesatuan, Astagatra harus diuji daya ampuhnya di dalam hubungan antar bangsa, tanpa menghilangkan prinsip-prinsip kerjasama.

Keyakinan terhadap kekuatan Astagatra sudah teruji oleh sejarah. Jangankan kekuatan ipoleksosbudhankam sebagai Pancagatra, hanya dengan kekuatan alam pikir saja, Bung Karno mampu menembus hal yang paling mendasar dari kekuatan pertahanan Hindia Belanda.

Kekuatan alam pikir yang diajarkan Bung Karno dimulai dari ide; kekuatan imajinasi; dan kekuatan semangat sebuah bangsa. Berhadapan dengan kekuatan pertahanan Belanda yang begitu kuat pada tahun 1930an, Bung Karno mulai menggalang kekuatan dengan membangun kesadaran berbangsa, bahwa dari Sabang sampai Merauke adalah satu kesatuan cita-cita; satu jiwa; satu kehendak; dan satu tujuan untuk Indonesia Merdeka.

Komentar