Indonesia Bakal Impor Tiga Obat Covid-19, Luhut: Saya Tidak Ingin Kita Hanya Membeli!

  • Whatsapp
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan/Repro

JurnalPatroliNews Jakarta – Pemerintah tengah mengupayakan untuk melakukan impor obat Covid-19 dari sejumlah negara yang saat ini tengah memproduksinya, salah satunya yang berasal dari Amerika Serikat.

Begitu yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam jumpa pers bersama Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, terkait evaluasi PPKM, Senin (18/10).

“Saat ini Saya bersama dengan Menteri Kesehatan sedang berada di Amerika Serikat untuk melakukan pertemuan dengan Merck mengenai obat Molnupiravir,” ujar Luhut.

Selain Molnupiravir dari Merck, lanjut Luhut, terdapat beberapa obat lainnya yakni Proxalutamide yang saat ini masih dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan berproses di BPOM

BACA JUGA :

“Alternatif lain adalah AT-527 yang dikembangkan oleh Roche and Athea. Ketiga obat tersebut menunjukkan potensi untuk menjadi obat Covid-19,” katanya.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi ini menegaskan bahwa Indonesia tidak mau hanya sekadar pmenjadi pembeli saja, tapi diharapkan bisa memproduksi obat-obatan Covid-19 secara mandiri.

“Namun Saya dapat sampaikan bahwa kita tidak ingin hanya sekadar menjadi pembeli, kita harapkan produsen obat tersebut melakukan kerja sama, melakukan investasi dan produksinya di Indonesia,” tutupnya.

Pos terkait