Ini Bukan Simbolis, TNI Kibarkan Merah Putih di Markas OPM, Jelang HUT RI Ke-75

JurnalPatroliNews-Nduga,– Menjelang HUT RI ke-75, Satgas Yonif Raider 323 mengibarkan bendera Merah Putih di Distrik Mugi, Nduga, Papua. Diketahui daerah tersebut merupakan markas kelompok separatis bersenjata (KKSB) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Kipur Aligator di bawah pimpinan Lettu Inf Edy Riwanto berhasil mengibarkan sang Merah Putih dalam upacara bendera di Markas Darakma, Distrik Mugi,” demikian rilis yang diterima rekan media, Minggu (16/8/2020).

Kabupaten Nduga diklaim oleh kelompok separatis sebagai daerah kekuasaan sejak 2017. Kelompok separatis tersebut banyak melakukan aksi brutal, mulai dari pembunuhan warga sipil hingga penyanderaan.

“Di tempat yang sama, bendera Bintang Kejora pernah dikibarkan oleh kelompok KKSB pada tahun 2017 silam,” bunyi pernyataan tersebut.

Pengibaran sang Merah Putih tersebut juga seiring dengan berhasilnya aksi-aksi penyerangan yang menyasar ke markas-markas kelompok separatis oleh TNI. Salah satunya dalam aksi penyerangan itu, TNI berhasil merebut beberapa senjata api, alat komunikasi dan sejumlah dokumen. Jadi pengibaran bendera Merah Putih bukanlah sekadar aksi simbolis.

Masyarakat Indonesia diharapkan dapat memaknai arti kemerdekaan di era perang multidimensi. Termasuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur serta prajurit TNI dan Polri yang berjuang di garda terdepan. (lk/*)