Iran Meluncurkan Rudal Balistik Dan Jelajah Baru ‘Haj Qassem’ dan ‘Abu Mahdi’ Yang Dikembangkan Sendiri

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Teheran : Iran pada Kamis meluncurkan dua rudal baru – satu balistik dan yang lainnya jelajah – yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri dalam sebuah langkah yang kemungkinan besar akan menarik kemarahan AS.

Baru permukaan-ke-permukaan rudal balistik telah dijuluki “Martir Qasem Soleimani” dan dikatakan memiliki jangkauan 1.400 kilometer.

Bacaan Lainnya

Rudal jelajah, yang disebut “Martyr Abu Mahdi,” memiliki jangkauan lebih dari 1.000 kilometer.

Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami meresmikan dua sistem senjata baru dalam pidato yang disiarkan televisi Kamis.

Rudal tersebut dinamai untuk menghormati Brig.-Jen. Qasem Soleimani, mendiang pemimpin pasukan elit Quds Iran, dan Abu Mahdi al-Muhandis, seorang komandan senior dengan milisi Irak pro-Iran.

Kedua pria itu tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad pada awal tahun menyusul serangkaian serangan roket terhadap aset AS di Irak serta serangan terhadap kedutaan AS di ibu kota.

Serangan itu mendorong Iran untuk membalas dengan serangan balistik di pangkalan Ain al-Asad yang menampung pasukan AS di Irak.

Menurut laporan awal dari pihak Amerika, serangan itu tidak menimbulkan korban tentara AS, tetapi kemudian, Pentagon melaporkan bahwa puluhan tentara mengalami gegar otak.

Pos terkait