Istana Sebut Animo Masyarakat Tinggi Untuk Ikut Upacara Kemerdekaan Virtual

JurnalPatroliNews – Jakarta, Sejak dibuka pendaftaran pada 10 Agustus 2020, animo masyarakat sangat tinggi untuk mendaftarkan diri agar bisa mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI secara virtual pada Senin (17/8/2020).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan target jumlah peserta upacara virtual sebanyak 17.845 orang, sesuai dengan tanggal Hari Kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945, sudah terpenuhi pada 15 Agustus 2020. Padahal pendaftaran masih dibuka hingga hari ini.

Namun, karena jumlah peserta sudah memenuhi target, maka pendaftaran sudah ditutup sejak kemarin, Sabtu (15/8/2020). “Masyarakat per kemarin sudah mencapai 17.845 orang. Kemarin semua sudah close, karena sudah habis kuotanya,” kata Heru Budi Hartono saat dihubungi beritasatu.com, Minggu (16/8/2020).

Diakuinya, banyak keluhan yang diterimanya karena masih ada masyarakat yang ingin mendaftar namun tidak bisa masuk ke dalam pendaftaran. “Ya pada claim enggak bisa daftar, tapi kan sudah habis (kuotanya),” ujar Heru Budi Hartono.

Buktinya, lanjut Heru, ada masyarakat yang dari Maluku berhasil mendaftar sebagai peserta upacara virtual yang akan digelar besok. “Jadi akalah cepat daftarnya,” ungkap Heru Budi Hartono.

Mantan Kepala BPKD DKI ini mengimbau agar masyarakat yang sudah mendaftar maupun belum bisa mendaftar tetap mengikuti upacara di rumah masing-masing. Ia mengingatkan agar pada 17 Agustus 2020, pukul 10.17, seluruh rakyat Indonesia dapat berdiri tegap untuk menyanyikan Indonesia Raya secara serentak.

Lebih lanjut Heru mengungkapkan persiapan Upacara Detik-Detik Proklamasi pada Senin besok sudah mencapai 90 persen. “Sudah 90 persen (persiapannya). Termasuk hari ini, TVRI kameramen sedang gladi kamera, di ruang virtual sedang uji coba menyapa para undangan walau keparin sudah. Kami semua, panitia hari ini sedang cek konsolidasi masing-masing petugas,” terang Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, Kasetpres Heru Budi Hartono telah peluncuran laman “Pandang Istana” di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/8/2020). Laman tersebut merupakan laman resmi pendaftaran partisipasi upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang pada tahun ini digelar secara virtual.

“Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini Bapak/Ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual,” kata Heru Budi Hartono saat peresmian.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana yang beralamat di https://pandangistana.setneg.go.id.

Sekretariat Presiden mengalokasikan sebanyak 17.845 undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2020 mendatang. Pemohon yang mengajukan kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu dilakukan verifikasi data.

Setelahnya, pemohon akan memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia atau Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka secara langsung melalui konferensi video. Setiap pendaftar hanya akan memperoleh satu tautan undangan konferensi video.

(bs)