Isu RI Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel, Retno: Hal Itu Masih Sulit Terwujud

Retno Lestari Priansari Marsudi, Menlu RI (Foto: REUTERS)

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sudah beberapa Dekade Indonesia tidak membuka hubungan Diplomatik dengan Israel, meskipun kini banyak Negara di Wilayah Timur Tengah yang mulai melakukan Normalisasi hubungan formal dengan Israel. Diantaranya, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko. Hubungan Diplomatik tersebut tercipta akibat adanya campur tangan Amerika Serikat (AS).

Anthony Blinken, Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, dalam kunjungan ke Jakarta pada pPekan lalu, dikabarkan meminta Indonesia agar menjalin hubungan Diplomatik dengan Israel.

Bacaan Lainnya

Teuku Faizasyah, Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, mengatakan, bahwa Blinken memang sempat melemparkan isu ini kepada Retno Lestari Priansari Marsudi, Menlu RI. Namun Retno menyatakan bahwa hal itu masih sulit terwujud karena komitmen Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

“Isu Israel muncul disampaikan oleh Menlu Blinken pada pertemuan dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta,” ujar Teuku, Jumat (24/12).

“Menlu RI sampaikan posisi konsisten Indonesia terhadap Palestina bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan,” jelasnya.

Pos terkait