Jabat Pangkogabwilhan III, Ini Sosok Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

Letnan Jenderal (Letjen) TNI I Nyoman Cantiasa menduduki jabatan baru sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Letnan Jenderal (Letjen) TNI I Nyoman Cantiasa menduduki jabatan baru sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III). Jabatan yang resmi disandang sejak 21 Januari 2022 itu didasarkan Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Karier tentara kelahiran Buleleng Bali tersebut cukup moncer. Sebelum menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Cantiasa adalah Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari. Jabatan ini diemban setelah sempat menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus). Ia merupakan Danjen Kopassus ke 31 menggantikan Letjen Eko Margiyono.

Bacaan Lainnya

Cantiasa juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer XVIII/Cenderawasih sejak Desember 2017 hingga November 2018. Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan terbaik di Akademi Militer (Akmil) tahun 1990.

Cantiasa juga tercatat sebagai siswa dengan karya tulis terbaik saat mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2014. Dia disebut-sebut berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus).

Cantiasa pernah terpilih menjadi Komandan upacara penurunan Sang Merah Putih saat masih berpangkat kolonel. Ia menjadi komandan dalam kegiatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2013.

Cantiasa juga pernah mendapat tugas membebaskan sandera di Irian Jaya saat masih berpangkat Letnan Satu (Lettu) Infanteri dan menjabat sebagai Wakil Komandan Sub Tim Detasemen 81 (Penanggulangan Teror) atau Sat-81/Gultor Kopassus.

Cantiasa dan prajurit Kopassus lainnya berhasil menyelesaikan tugas tersebut pada 9 Mei 1996 setelah menyerbu ke markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Desa Geselama, Mimika

Pos terkait