Jakarta Terima 39 Ribu Dosis Vaksin Corona Tahap Awal

JurnalPatroliNews – Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerima sekitar 39.200 dosis vaksin Covid-19. Vaksin tersebut merupakan pengiriman tahap pertama dari pemerintah pusat ke Pemprov DKI.

“Tadi, hari ini, siang vaksin untuk Covid-19 Sudah masuk ke Dinkes DKI untuk pengiriman pertama. Hari ini sebesar 39.200 tahap pertama,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati kepada wartawan, Senin (4/1).

Ani mengatakan, pengiriman vaksin dilakukan dua tahap. Tahap kedua, vaksin akan dikirimkan Kamis (7/1) sejumlah 80.850 dosis vaksin, sehingga total vaksin yang diterima DKI sebanyak 120.050 dosis vaksin.

Sesuai arahan pemerintah pusat, vaksin tahap pertama bakal diberikan kepada sejumlah tenaga kesehatan yang menangani pandemi virus corona. Sementara, untuk warga akan dilakukan bertahap.

“Jadi tenaga kesehatan yang ada di faskes-faskes, sasarannya adalah faskes. Yang pastinya dari pemerintah pusat baru kita berdasarkan data itu, kita akan distribusikan ke faskes, lain ya nanti bertahap buat warga,” ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya mengatakan, Pemprov DKI sudah menyiapkan 453 fasilitas kesehatan untuk tempat pelaksanaan vaksin Covid-19. Tahap pertama, Jakarta akan melakukan 119.145 tenaga kesehatan.

Kapasitas penyuntikan vaksin dalam sehari ditargetkan mencapai 20.473 orang. Sasaran vaksin bersifat dari pemerintah pusat, dengan memakai berbagai sumber data dari Sistem Informasi SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Vaksinasi Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada 181,5 juta warga Indonesia. Pemerintah menargetkan proses tersebut rampung dalam waktu 15 bulan. Vaksinasi pertama dimulai pertengahan Januari 2021.

(cnn)

Komentar