“Jangan Main-Main Dengan Orang Turki, Jangan Main-Main Dengan Turki, ” Kata Erdogan Kepada Macron

Jurnalpatrolinews – Istanbul : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan mitranya dari Prancis Emmanuel Macron “untuk tidak mengacaukan” Turki.

Komentarnya muncul ketika ketegangan antara sekutu NATO meningkat karena perselisihan di Mediterania timur.

“Jangan main-main dengan orang Turki. Jangan main-main dengan Turki, ”kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan televisi di Istanbul.

Dalam referensi langsung ke Presiden Emmanuel Macron , Erdogan berkata, “Anda [Macron] tidak memiliki pengetahuan tentang sejarah. Anda tidak tahu sejarah Prancis. ”

“Anda tidak bisa menguliahi kami tentang kemanusiaan,” tambahnya, mengenang pembantaian di Aljazair di mana sekitar 1 juta orang terbunuh dan di Rwanda di mana 800.000 orang dibunuh.

Sebelumnya pada hari Kamis, menjelang pertemuan puncak negara-negara anggota UE selatan, Macron dilaporkan mengatakan: “Kita harus keras dengan pemerintah Turki dan bukan dengan orang-orang Turki, yang berhak mendapatkan lebih dari pemerintah Erdogan.”

“Turki tidak lagi menjadi mitra di kawasan Mediterania,” kata presiden Prancis, mengklaim sekutu NATO Turki mengalami beberapa pertemuan yang tidak dapat diterima dengan kapal Prancis di lepas pantai Libya.

Turki pada Kamis mengutuk Macron atas pernyataan “arogan” yang dibuat dengan “refleks kolonial”. Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan Macron membahayakan kepentingan UE dengan “sikap individual dan nasionalisnya.”

Komentar