Jangan Pernah Bertaruh Melawan Amerika, ‘Warren Buffett Menasihati Investor’

  • Whatsapp
Warren Buffett. (Foto : AFP)

Jurnalpatrolinews – New Yotk : Miliarder berusia sembilan puluh tahun Warren Buffett menegaskan kembali keyakinannya yang kuat pada American Dream dalam sebuah surat kepada investor yang diterbitkan hari Sabtu – menasihati mereka untuk tidak pernah bertaruh melawan negara meskipun banyak masalah.

“Dalam 232 tahun keberadaannya yang singkat, belum ada inkubator untuk melepaskan potensi manusia seperti Amerika,” katanya dalam pesan kepada investor di konglomerat Berkshire Hathaway miliknya.

Bahkan setelah tahun 2020 yang sangat sulit – ketika pandemi Covid-19 menjerumuskan ekonomi terbesar di dunia itu ke dalam resesi dan mendorong jutaan orang ke dalam kemiskinan – “kemajuan ekonomi negara kami sangat menakjubkan,” katanya.

Orang yang dikenal sebagai Oracle of Omaha menambahkan: “Kesimpulan kami yang tak tergoyahkan: Jangan pernah bertaruh melawan Amerika.”

Surat tahunan Buffett selalu sangat dinantikan oleh dunia bisnis karena reputasinya sebagai investor yang bijaksana dengan pandangan yang cerdik terhadap tren jangka panjang.

Namun dalam surat terbarunya, Buffett mengakui kesalahan yang dibuat pada tahun 2016 yang menjadi bukti tahun lalu: pembelian Precision Castparts (PCC) Berkshire, yang menyebabkan “penurunan nilai $ 11 miliar yang buruk.”

“Saya membayar terlalu banyak untuk perusahaan,” tulis Buffett. “Tidak ada yang menyesatkan saya dengan cara apa pun –- Saya terlalu optimis tentang potensi keuntungan PCC yang dinormalisasi,” sebuah kesalahan terungkap ketika pelanggan perusahaan dirgantara jatuh pada masa-masa sulit tahun lalu.

Buffett juga mengumumkan bahwa rapat tahunan Berkshire, yang pada tahun-tahun normal menarik ribuan pemegang saham ke Omaha, Nebraska akan berlangsung dalam format virtual pada 1 Mei, seperti tahun lalu karena pandemi.

Dia mengatakan dia dan rekannya Charlie Munger akan menjawab pertanyaan pemegang saham.

Tahun lalu, tulis Buffett, konglomerat yang mereka pimpin tidak memenuhi satu pun dari dua tujuan: “Berkshire tidak melakukan akuisisi yang cukup besar dan pendapatan operasional turun sembilan persen.

“Kami memang, bagaimanapun, meningkatkan nilai intrinsik per saham Berkshire dengan menahan pendapatan dan membeli kembali sekitar lima persen dari saham kami.”

Dia menyuarakan keyakinan bahwa keuntungan modal Berkshire dari kepemilikan investasinya akan “substansial” dari waktu ke waktu.

Ke depan, Buffett mengatakan Berkshire akan tetap menjadi “kumpulan bisnis yang dikendalikan dan tidak terkendali.”

Dia mengatakan modal pemegang saham akan diinvestasikan dalam “apa pun yang kami yakini paling masuk akal, berdasarkan pada kekuatan kompetitif perusahaan yang tahan lama, kemampuan dan karakter manajemennya, dan harga.”

Berkshire memiliki laba bersih pada tahun 2020 sebesar $ 42,5 miliar, dibantu oleh bisnis asuransinya, tetapi angka keseluruhan turun 48 persen dari 2019.

Berkshire tahun lalu menjual saham maskapai karena pandemi dan berinvestasi lebih banyak pada produk farmasi.  (***/. dd – afp)

Pos terkait