Jangan Sepelekan, Ini Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19

JurnalPatroliNews – Jakarta, Virus corona masih menyerang jutaan orang di berbagai negara dan banyak memakan korban jiwa. Agar tidak terinfeksi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Beberapa hal mudah dilakukan di mana saja sebagai cara mencegah penularan virus corona. Ingat penyakit ini dapat menyerang siapa saja, bahkan orang yang sehat sekalipun.

Berikut adalah cara mencegah penularan virus corona yang dirangkum CNBC Indonesia.

Gunakan masker

Memakai masker dapat menghambat penyebaran virus saat kita berinteraksi dengan orang di luar rumah. Hal ini sebagai cara menghindari virus Corona dan menghambat penyebaran virus.

Gunakan masker kain atau masker medis untuk menutupi area hidung dan mulut. Virus Corona mudah masuk ke dalam tubuh lewat mulut atau hidung.

Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan dengan rajin merupakan cara paling umum mencegah virus corona. Hal ini disebabkan karena virus COVID-19 mudah menyebar melalui permukaan benda yang tangan kita sentuh.

Cuci tanganlah di air mengalir dan sabun kemudian gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Bubuhkan busa ke pergelangan tangan Anda, di antara jari-jari, dan di bawah kuku.

Gunakan pembersih tangan (hand sanitizer) jika Anda tidak bisa mencuci tangan dengan benar, terutama setelah menyentuh apapun, termasuk ponsel atau laptop.

Jangan menyentuh wajah

Saat berada di luar rumah, hindari menyentuh wajah termasuk mulut, hidung, dan mata karena bisa saja tangan kita kotor dan memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan sebagai cara menghindari virus Corona.

Jaga kontak fisik dan tidak bersalaman

Cara mencegah virus Corona selanjutnya adalah menghindari salaman dan memeluk orang lain. Kontak fisik dengan orang lain juga dikatakan sebagai salah satu proses penyebaran virus COVID-19.

Gunakan barang pribadi

Virus COVID-19 bisa datang dari mana saja, contohnya penggunaan alat makan. Jangan meminjamkan barang pribadi ke orang lain dan bawalah peralatan makan sendiri saat makan di luar rumah sebagai cara menghindari virus Corona.

Jaga jarak

Cara mencegah penularan virus Corona adalah tetap di rumah saja. Namun, jika ada kepentingan yang membuat Anda harus ke luar rumah, jaga jarak sejauh 2 meter dari orang lain. Berdekatan dengan orang lain juga berpotensi menularkan virus Corona.

Hindari kerumunan

Berada dalam suatu kerumunan orang membuat Anda banyak berinteraksi dengan mereka. Hal ini bisa memperbesar penyebaran COVID-19. Cara menghindari virus Corona yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari kerumunan.

Gunakan disinfektan pada permukaan benda yang sering disentuh

Beberapa benda yang sering disentuh sebaiknya sering disemprotkan disinfektan sebagai cara menghindari virus Corona. Beberapa permukaan benda yang dimaksud adalah gagang pintu, meja, kursi, dan layar handphone.

Vaksinasi Covid-19

Saat ini, vaksinasi Covid-19 dianggap dapat meringankan gejala jika sewaktu-waktu terinfeksi Covid-19. Vaksinasi juga berperan penting bagi mereka yang rentan terinfeksi Covid-19, seperti lansia dan orang yang dengan komorbid atau penyakit yang mendasari.

Orang yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) bisa mendapatkan vaksin Covid-19 selama mereka tidak mengalami reaksi alergi yang parah atau langsung terhadap dosis pertama vaksin Covid-19 atau bahan apa pun dalam vaksin Covid-19.

(cnbc)

Komentar