Jangan Terlena! Satgas Sebut Efek Libur Lebaran Terlihat 2-3 Minggu Lagi

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi hari ini belum mencerminkan efek dari libur Idul Fitri serta mudik.

Menurutnya, efek dari libur dan mudik mungkin baru terlihat 2-3 minggu setelah tanggal yang dimaksud.

“Perlu diingat bahwa perkembangan yang terjadi pada minggu lalu belum dapat menunjukkan efek dari libur Idul Fitri dan mudik,” kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring di akun YouTube BNPB, Selasa (18/5/2021).

Wiku mengingatkan kembali soal pengalaman efek libur panjang terhadap penambahan kasus Corona. Hal ini juga berlaku untuk libur panjang Idul Fitri dan periode mudik Lebaran.

“Seperti yang pernah saya sampaikan, bahwa efek dari libur panjang maupun suatu kegiatan masyarakat dapat dilihat dalam rentang waktu dua hingga tiga minggu setelah periode tersebut. Artinya, kita baru dapat melihat efek dari libur Idul Fitri dan periode mudik pada dua tiga minggu yang akan datang,” ungkapnya.

Dia pun meminta masyarakat agar tak terlena dengan angka kasus yang menurun pada minggu lalu. Dia mengingatkan warga agar mau melakukan karantina mandiri 5×24 jam.

“Untuk itu, jangan terlena dengan kasus positif dan kematian yang menurun di minggu lalu. Kepada seluruh anggota masyarakat yang baru saja kembali dari berpergian, mohon sekali lagi agar melakukan karantina mandiri 5×24 jam sebagai bentuk tanggung jawab terhadap orang-orang di sekitar kita,” ujarnya.

(*/lk)

Komentar