Jenderal Andika Menjadi Pengganti Marsekal Hadi.. Mantan Kabais TNI Sebut Karena Punya ‘Chemistry’ Yang Kuat Dengan Presiden

Ditambahkannya, Kita menilai TNI adalah sebagai abdi Negara harus selalu berpikir positif. Kalau beliau Jenderal Andika Perkasa terpilih oleh Presiden itu untuk  menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, itu biasa, tidak akan terjadi masalah yang signifikan apabila KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI.

“Namanya Militer abdi Negara atau benteng Negara, selalu akan patuh setia dan taat kepada keputusan. TNI tetap solid siapapun Panglima yang dipilih oleh Presiden,” lanjut Ponto kepada Jurnal Patroli News.

Mantan Kabais itu tidak menampik Kendati demikian, dirinya tetap menilai bahwa bisa saja akan ada pihak yang beda pendapat atau itu opini-opini di netizen, tandasnya.

Menurut Soleman B Ponto, seperti pendapat kawan kawan, pengamat dan politisi sebenarnya tidak ada kewajiban Presiden Joko Widodo memberikan giliran Panglima TNI kepada matra Angkatan Laut yang seharusnya mendapat giliran setelah Angkatan Udara.

“Itu memang tidak  diatur dalam UU sehingga menjadi tidak wajib tapi yang penting sesuai UU adalah bergantian,” katanya.

Bukan tanpa alasan, menurut Soleman B Ponto, ya mungkin ada aspek-aspek yang lebih perlu diperhitungkan Presiden dari pada pikiran pragmatis memberikan giliran Panglima TNI ke Jenderal lain.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani juga telah menerima surat presiden (supres) terkait calon panglima TNI.  Salah satu supres diberikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/11/2021) kemarin.

Puan menegaskan, hanya ada satu nama atau calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Jokowi dalam supres itu.

“Karena itu, pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” kepada pers di Senayan.Berikut profil TNI Jenderal Andika Perkasa Menantu Eks Kepala BIN AM Hendropriyono, Jenderal Andika Perkasa SE MA MSc MPhil PhD lahir 21 Desember 1964.

Komentar