JK Kirim Relawan PMI dan Obat-obatan untuk Korban Gempa Majene

JurnalPatroliNews, Jakarta – Palang Merah Indoesia (PMI) mengirimkan sejumlah bantuan logistik, peralatan, serta relawan untuk penanganan darurat pascagempa dan banjir yang menimpa 3 kabupaten di Sulawesi Barat, pada Jumat, 15 Januari 2021.

“Kita telah menggerakkan PMI dari Palu dan Makassar untuk membantu masyarakat di sana,” kata Ketua PMI Jusuf Kalla (JK) dalam keterangannya.

JK mengatakan, bantuan yang dikirimkan PMI berupa family kit, selimut, makanan, dan obat-obatan serta peralatan sanitasi air. PMI juga mengirimkan relawan yang terdiri dari 2 personil satgana dan markas PMI Sulawesi Selatan yang berfungsi sebagai tim asesmen dan 10 dokter dari Universitas Hasanuddin.

JK pun menyatakan turut berduka cita atas musibah dan banjir bandang yang menimpa beberapa kabupaten. “Kita merasa berduka lagi atas bencana gempa dan banjir yang menimpa Sulawesi Barat dalam hal ini Mamuju dan sekitarnya yang telah memakan banyak korban bangunan dan infrastruktur termasuk kantor Gubernur,” katanya.

Gempa Majene berkekuatan magnitudo 6,2 sebelumnya mengguncang Kabupaten Majene pada Jumat dinihari. Berdasarkan data pusat pengendali operasi BNPB per 15 Januari pukul 11.00 WIB, terdapat 637 warga mengalami luka-luka dan 15 ribu lainnya mengungsi.

(tmp)

Komentar