Jokowi Colek Pak Ical dan Ketua Kadin, Seneng Harga Batubara Naik

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan Ulang Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang ke 50 tahun membeberkan tentang situasi perekonomian dunia saat ini. Ia sedikit menyolek kondisi kenaikan harga batu bara yang tinggi dan membuat para pengusaha senang.

Jokowi mengatakan berkali-kali agar Indonesia khususnya para pengusaha juga berhati-hati dalam menghadapi perekonomian saat ini. Diperkirakan ada 60 negara yang akan mengalami kesulitan keuangan maupun ekonomi.

“Hati-hari proyeksi pertumbuhan ekonomi sudah diturunkan oleh bank dunia, utamanya di negara berkembang. Harian sebelumnya 6,6% proyeksi di 2022 jadi 3,4 anjlok betul. Dan kita alhamdulillah kuartal1 kemarin bisa tumbuh 5,01%,” terang Jokowi, Jumat (10/8/2022).

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa tidak ada negara-negara yang tergabung dalam G20 mengalami pertumbuhan ekonomi. Bahkan terdapat momok inflasi disetiap negara.

“Coba di lihat ada negara naik inflasi di atas 70%. Amerika Serikat yang biasanya cuma 1% sekarang sudah 8,3%, ini lah problem besar semua negara,” ungkap dia.

Maka dari itu, Jokowi bilang, diperkirakan ada 60 negara yang akan mengalami kesulitan keuangan maupun ekonomi dan diperkirkan negara tersebut akan menjadi negara gagal jika tidak bisa mengatasi ekonomi.

Komentar