Jokowi Geram Proyek Tol Terowongan Pertama RI Mandek

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram setelah mengetahui fakta pembangunan ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terhambat. Apalagi, terhambatnya tol ini masih karena persoalan klasik. Tol Cisumdawu menghubungkan Bandung dengan Sumedang, sebagai tol pertama yang memiliki terowongan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan Percepatan Pembangunan PSN Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Saya melihat ada proses pembebasan lahannya yang terhambat, kemudian pengembalian dana talangan tanah juga terhambat karena urusan administrasi,” jelas Jokowi, Selasa (7/7/2020).

Selain itu, Jokowi juga mengaku mendengar masih ada persoalan dokumen peraturan teknis di Kementerian Agraria dan Tata Ruang maupun Kementerian Keuangan yang belum lengkap. Jokowi tak ingin persoalan ini semakin berlarut.

“Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati,” jelasnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta jajarannya untuk segera menyelesaikan masalah ini. Jokowi mengaku tak ingin lagi mendengar persoalan klasik pembebasan lahan kerap jadi penghambat suatu proyek besar.

“Saya melihat ini banyak kendala aturan teknis dan prosedur administrasi yang terus berulang-ulang kita alami dan tidak ada penyelesaian secara permanen,” katanya.

“Penyelesaiannya secara kasus per kasus. Tidak kita buat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. Sebetulnya solusinya itu,” jelasnya.

(cnbc)

Komentar