Jokowi Lantik Gubernur – Wagub Sulut dan Kaltara Terpilih 2021-2024

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang. Mereka resmi menjabat gubernur periode 2021-2024.

Pelantikan yang disiarkan di akun Sekretariat Presiden di Youtube, juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan pejabat tinggi negara lainnya,  digelar dengan menerapkan protokol kesehatan berlangsung di ruangan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021)

Pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk Sulawesi Utara adalah Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Pasangan petahana ini memenangkan pilkada Sulawesi Utara pada 2020 lalu dengan perolehan suara 821.503.

Sedangkan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk Kalimantan Utara adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Keduanya menang pilkada dengan meraup 45.778 suara.

Prosesi pelantikan Gubernur-Wagub Sulut dan Gubernur-Wagub Kaltara ini diawali dengan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Pengangkatan Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw dan Zainal Paliwang-Yansen TP didasari Keputusan Presiden Nomor 19/P/2021 dan 21/P/2021.

Selanjutnya pelantikan ditandatai dengan pembacaan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Total ada sembilan provinsi yang menggelar pilgub pada 2020 lalu, Usai pembacaan sumpah jabatan, diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pemberian ucapan selamat.

(***/Bn)

Komentar