Jokowi: Pemerintah Tak akan Kompromi dengan Intoleransi

JurnalPatroliNews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam pembukaan musyawarah kerja nasional dan musyawarah nasional alim ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dalam pembukaan pidatonya tersebut, Jokowi menyinggung soal maraknya aksi terorisme yang baru-baru ini terjadi. Jokowi mengatakan hal tersebut lahir dari cara pandang yang keliru dan paham yang salah.

Pemerintah pun kata Jokowi berkomitmen untuk selalu menghidupkan moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat dan toleransi adalah bagian yang sangat penting dalam moderasi agama.

“Dalam hal ini sikap pemerintah tegas tidak akan berkompromi terhadap tindakan intoleransi yang merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Jokowi seperti dikutip dalam YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/4/2021).

“Sejak awal sangat jelas bahwa NU dan PKB konsisten mengikuti dawuh hadratus Syaikh Kyai Haji Hasyim Asy’ari dan para masayikh bahwa agama dan nasionalisme tidaklah bertentangan, namun justru saling menopang satu sama lain,” kata Jokowi melanjutkan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada para kyai dan para alim ulama atas semua tausiah dan dukungannya kepada pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Dukungan para alim ulama, kata Jokowi sangat penting agar semua elemen bangsa bisa saling mendukung dan menopang, serta saling membantu menjadi sebuah kekuatan dalam bernegara.

“Terima kasih atas kontribusi besar para alim ulama dalam menjaga persatuan dalam menjaga kerukunan antar warga bangsa, menjaga keutuhan bangsa dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

(cnbc)

Komentar