Kabaharkam Polri Minta Polda Riau Mandiri dan Berperan Penting di Tengah Masyarakat

Jurnalpatrolinews – Pekanbaru : Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan arahan kepada personel Polda Riau dan jajaran di Mapolda Riau, Pekanbaru, Selasa, (25/8/2020) di ruang Tribrata Mapolda Riau.

Di hadapan Kapolda dan jajarannya, Komjen Pol Agus Andrianto menjelaskan, kehadirannya di Provinsi Riau adalah atas perintah Kapolri dalam rangka supervisi Operasi Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, supervisi program Baharkam Polri (Kampung Tangguh Nusantara, Program Ketahanan Pangan, Proyek Padat Karya, dan Bantuan Sosial).

”Selain supervisi program Baharkam, saya ditugaskan, juga sekaligus antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” sebut Kabaharkam.

Mengawali arahannya, Komjen Pol Agus Andrianto memberikan apresiasi atas kinerja Polda Riau dalam percepatan penanganan COVID-19 yang telah dinilai baik oleh Mabes Polri.

Ia menyebutkan, Kaopspus Aman Nusa II itu berpesan agar kinerja yang ada dipertahankan atau ditingkatkan dengan mengokohkan kerja bersama baik secara internal maupun dengan instansi terkait lain.

”Kalian boleh datang dari mana saja, tapi setelah kalian jadi pejabat daerah, harus saling rangkul dan bantu,” katanya sesuai pesan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Selain itu, Komjen Pol Agus Andrianto juga meminta seluruh personel jajaran Polda Riau agar selalu bersyukur karena dipercaya menjadi aparat negara.

Ia juga mengajak, sebagai anggota Polri. Sebaiknya, banyak bersyukurlah. Saat ini, dengan usaha apapun, dampak COVID-19 ini sangat besar, dan kita di Polisi tetap bisa berjalan dan, alhamdulillah, masih diberikan rezeki. Berikan solusi kepada masyarakat.

”Jangan lagi cari-cari kesalahan masyarakat. Hati-hati, sekarang kita sedang buat sistem manajemen permasalahan, dan kalau ada penyidik yangg main-main, hati-hati Jangan buat masalah kepada masyarakat. Jadilah pembawa solusi kepada masyarakat. Jangan bebankan masyarakat dan wilayah. Perlahan, upaya-upaya untuk kepolisian jadi lebih baik tetap kita terapkan,” pesan Komjen Pol Agus Andrianto.

Untuk memotivasi para personel Polda Riau, Kabaharkam Polri mengingatkan melimpahnya kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Provinsi Riau dan luas wilayahnya yang bahkan lebih luas dari negara Vietnam.

”Riau ini lebih luas dari Vietnam. Jadilah Riau yang semakin mandiri dan peranan Polri itu sangat penting untuk masyarakat, bukan hanya masalah hukum saja, tapi semua masalah yang ada di negara ini adalah tugas Polri. Mari kita produktif dengan sumber daya yang kita punya. Jangan biasakan budaya impor dari luar, budayakan budaya malu terhadap impor. Kita harus siapkan kebutuhan kita sendiri, bila perlu kita ekspor ke luar,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

Komentar