Kabar Duka, Jim Moffett Pendiri Freeport , Meninggal karena Covid-19

JurnalPatroliNews – Jakarta, Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport McMoran Jim Bob Moffett atau James Robert Moffett meninggal dunia karena covid-19 (virus corona). Moffet meninggal di rumahnya, Austin, Texas, pada Jumat (8/1).

Kabar itu dikonfirmasi oleh anak laki-lakinya, yaitu Bubba Moffett, seperti dilansir VWLTV dari Nola.com, pada Minggu (10/1).

Diketahui, Moffett telah mengundurkan diri dari kursi bos Freeport pada 2015 lalu.

Freeport adalah perusahaan tembaga dan emas yang bermarkas di Phoenix, AS. Perusahaan menambang dari wilayah Amerika Utara, Selatan, hingga Indonesia.

Pada 2019 lalu, perusahaan mengantongi pendapatan sebesar US$14 miliar.

Pada 1969 silam, Moffett mendirikan McMoRan Exploration bersama W K McWilliams Jr and B M Rankin. Kemudian pada 1981, McMoran Oil & Gas Co melakukan merger dengan Freeport Minerals Co dan bersulih nama menjadi Freeport McMoran Copper & Gold Inc.

Selanjutnya pada 1972, Freeport McMoran membangun tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, Indonesia, yang menjadi salah satu tambang terbesar di dunia.

Ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Freeport McMoran setelah investor Carl Icahn mengakuisisi 8,5 persen saham di Freeport.

Mantan Wali Kota New Orleans Sidney Barthelemy (1986-1994) mengatakan Moffett berjasa membangkitkan kembali perekonomian New Orleans ketika perekonomian New Orleans terdampak penurunan harga minyak dunia.

Moffett menyetujui refinancing obligasi senilai US$ 35 juta untuk pekerjaan infrastruktur, taman, dan perpustakaan.

“Dia orang yang baik dan siap membantu. Dia aset yang luar biasa bagi kota ini,” kata Barthelemy.

Bill Goldring, pengusaha minuman keras dari New Orleans dan salah satu orang yang mengenal dekat Moffett mengatakan almarhum dikenal memiliki kepribadian yang keras dan pantang menyerah.

(*/lk)

Komentar