Kanselir : Austria Mengalami Gelombang Kedua Virus Korona

Jurnalpatrolinews – Wina : Austria sedang mengalami dimulainya gelombang kedua infeksi virus korona, kata kanselirnya pada hari Minggu, ketika kasus meningkat sejalan dengan negara-negara UE lainnya.

Dari Jumat hingga Sabtu, negara Alpen yang berpenduduk hampir sembilan juta orang itu melaporkan 869 kasus baru – lebih dari setengahnya di ibu kota Wina.

“Apa yang kami alami adalah awal dari gelombang kedua,” kata Kanselir Sebastian Kurz dalam sebuah pernyataan, mengimbau penduduk untuk tetap berpegang pada tindakan anti-virus dan mengurangi kontak sosial.

Dia memperingatkan bahwa angka 1.000 kasus per hari akan segera tercapai.

Prancis melaporkan 10.000 infeksi baru pada Sabtu, mendekati level puncak gelombang pertama pada April, sementara Inggris memberlakukan pembatasan baru pada pertemuan pekan lalu karena jumlah infeksi harian baru melonjak menjadi sekitar 3.500.

Pada hari Jumat, Kurz mengumumkan bahwa pemerintah akan memperluas pemakaian topeng wajib dan memberlakukan pembatasan baru pada acara mulai Senin.

Masker wajib ada di semua toko dan bangunan umum, selain di tempat-tempat yang harus sudah dipakai seperti supermarket dan transportasi umum.

Pemimpin konservatif tersebut telah memperingatkan bahwa pemerintah dapat melakukan tindakan lebih lanjut jika kasus terus meningkat tetapi akan mencoba untuk menghindari terulangnya penguncian yang diberlakukan pada bulan Maret, yang memerlukan pembatasan ketat pada pergerakan dan penutupan toko dan restoran.

Austria sejauh ini mampu menghindari terberatnya krisis kesehatan. Total infeksi virus korona saat ini mencapai lebih dari 33.000 dengan sekitar 750 kematian.

Komentar