Kapolda Sulut Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat di Pantai Malalayang

JurnalPatroliNews-Manado,– Kapolda Sulawesi Utara Royke Lumowa memimpin pelaksaan Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Anggota Polri periode 1 Juli 2020 dan PNS Polri periode 1 April 2020.

Pelaksanaan korps raport kali ini berbeda dari biasanya karena dilaksanakan di Pantai Malalayang Manado, Selasa (30/6/2020) pukul 14.00 Wita.

Seluruh personil yang naik pangkat harus berdiri di pantai dengan posisi setengah badan terendam di air laut.

Upacara kenaikan pangkat ini dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata dan para pejabat utama Polda.

Royke Lumowa mengatakan, pelaksanaan kegiatan sengaja dibuat di alam terbuka, tidak di ruang tertutup, agar bisa menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari.

“Biar anggota juga tahu bahwa 80 sampai 90 persen wilayah Sulut terdiri dari laut. Begitu besar luas lautan yang harus kita jaga dan kita layani,” ujar Royke Lumowa.

Lanjut Lumowa, kenaikan pangkat ini juga bukan hal yang biasa.

“Itu butuh perjalanan yang panjang, butuh perjuangan dan itu diproklamirkan dengan pengorbanan kecil secara simbolis berada di pantai ini dengan menceburkan badannya sebatas pinggang,” ucap Kapolda.

Lumowa mengucapkan selamat dan sukses bagi personil yang menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

“Selamat atas kenaikan pangkat saudara-saudara yang luar biasa. Kita (polisi) hidup di semua habitat, ada darat, laut dan udara, perbukitan, lembah. Jadi polisi harus ada di habitat-habitat itu. Sukses selalu, sampaikan terima kasih kepada Tuhan, sampaikan terima kasih kepada anak, istri, suami, sanak keluarga, bahwa pangkat yang diberikan juga berkat dukungan dari mereka,” tandas Kapolda Sulut.

Diketahui, total personil Polda Sulut dan jajaran yang naik pangkat berjumlah 368 orang, 189 personil diantaranya yang bertugas di Polda, dilantik Kapolda Sulut secara langsung di Pantai Malalayang Manado.

Dari 189 personil tersebut, 17 diantaranya PNS Polri dan 7 orang lainnya dilantik menjadi pangkat Komisaris Besar Polisi, di bawah air dengan kedalaman 10 meter.

(HardinanSangkoy)

Komentar