Kapolri Ajak Rabithah Alawiyah Ikut Sampaikan Pesan Kamtibmas ke Umat

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan silaturahmi ke DPP Rabithah Alawiyah, Jakarta Selatan. Dalam kunjungannya, Jenderal Sigit ingin Rabithah Alawiyah dapat membantu Polri dalam menyampaikan pesan Kamtibmas kepada para umat.

“Tentunya kegiatan yang saya lakukan yang pertama adalah melaksanakan silaturahim.

Kedua kami berdiskusi bagaimana ke depan bisa membawa sinergi yang lebih baik khususnya bagaimana sinergi dengan ulama di dalam melaksanakan berbagai macam program kegiatan, khususnya bagaimana kami sebagai polisi mampu memberikan perlindungan, pengayoman kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan yang bersifat Harkamtibmas yang bisa kami kerjasamakan dengan Rabitah,” kata Jenderal Sigit di Kantor DPP Rabithah Alawiyah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2021).

“Bahasa-bahasa hukum, bahasa-bahasa kepolisian yang tentunya akan langsung disampaikan ke masyarakat perlu ada penerjemahan. Jadi tadi kami sampaikan ke beliau-beliau, Pak titip supaya pesan Kamtibmas kami bisa disampaikan ke umat dengan bahas-bahasa umat,” lanjutnya.

Jenderal Sigit mengatakan jika Rabithah Alawiyah ikut mensosialisasikan terkait Kamtibmas, maka akan sangat membantu Polri dalam menjaga situasi menjadi lebih kondusif. Jenderal Sigit memfokuskan agar kerja sama sinergitas Polri dengan para ulama dapat terwujud untuk menurunkan angka penularan virus Corona (COVID-19) yang saat ini sudah semakin tinggi.

“Tentunya itu akan sangat membantu untuk menjaga situasi yang bisa lebih kondusif. Tadi kami sampaikan ke beliau, kita saat ini sedang menghadapi situasi sulit. Semua negara mengalami sama yaitu terkait masalah pandemi COVID.

Sampai hari ini angkanya sudah di atas 1 juta dengan angka penyebaran sudah di atas 13 ribu artinya ini adalah masalah bersama yang kemudian kita juga kita harus bersama-sama bersinergi untuk menurunkan angka COVID.

Bagaimana kemudian program pemerintah terkait bagaimana menyembuhkan masyarakat dengan program vaksin juga bagaimana kita mengawal kegiatan tersebut bisa berjalan baik,” ujarnya.

Jenderal Sigit berharap Polri bersama dengan Rabithah Alawiyah dapat terus mensosialisasikan langsung ke pada masyarakat terkait penerapan 5M. Jenderal Sigit ingin ke depan penerapan protokol kesehatan dapat dijalankan secara disiplin oleh masyarakat demi menekan penyebaran COVID-19.

“Itu lah hal-hal ke depan yang harus kita bangun, sehingga Indonesia dengan melaksanakan kedisplinan menegakan aturan protokol kesehatan yang baik maka angka COVID segera bisa kita turunkan. Dan kami tadi sepakat ke depan ada kegiatan bersama di lapangan yang sifatnya edukasi sosialisasi bagaimana aturan 5M, memakai masker mencuci tangan dan sebagainya,” ucapnya.

Lebih lanjut Jenderal Sigit mengatakan kegiatan sosialisasi itu juga akan dilaksanakan bersama dengan beberapa ormas lainnya seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Sigit berharap dengan kerja sama ini dapat memperbaiki perekonomian di Indonesia.

“Termasuk kegiatan yang akan kita laksanakan dalam beberapa Minggu ke depan bersama-sama kawan dari ulama NU Muhammadiyah untuk secepat mungkin kita bisa menurunkan angka COVID.

Kemudian bagaimana kami dari kepolisian mengawal pertumbuhan ekonomi, mengawal bagian program-program pemberdayaan, sehingga kita bisa segera pulih dari Maslah COVID yang kita hadapi. Kita tahu pertumbuhan ekonomi kita sedang kita perbaiki dilaksanakan oleh seluruh elemen,” imbuhnya.

Jenderal Sigit yakin semua itu dapat terwujud apabila sinergitas antara seluruh stakeholder dapat berjalan dengan baik. Dia optimis perekonomian Indonesia akan segera pulih.

“Bisa kita lakukan kalau kita mampu menciptakan suatu sinergi antara seluruh stakeholder ataupun elemen semua yang kita hadapai bisa menjadi baik,” tandasnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah mengunjungi ormas Islam terbesar di Indonesia, yakni NU dan Muhammadiyah. Kunjungan itu dilakukan usai dirinya dilantik menjadi Kapolri.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi gedung PBNU, Jakarta, Kamis (28/1/2021). Dia ditemani oleh sejumlah pejabat utama Polri seperti Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, hingga Dir Siber Brigjen Slamet Uliandi.

Seusai pertemuan, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan silaturahmi ini bertujuan sinergi antara Polri dan PBNU. Dia menegaskan Polri tak mungkin bekerja sendiri.

Keesokan harinya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, sore ini. Listyo ingin bersilaturahmi dengan Muhammadiyah usai dilantik sebagai Kapolri.

Pantauan detikcom, Jenderal Sigit tiba di Gedung PP Muhammadiyah pukul 16.40 WIB. Jenderal Sigit tiba di Muhammadiyah menggunakan mobil dan setelan dinasnya. Peci hitam dikenakannya dalam kunjungan itu.

“Silaturahmi. Iya silaturahmi aja sebagai Kapolri yang baru, sama seperti ke NU kemarin,” ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat ditemui di PP Muhammadiyah, Jumat (29/1).

(dtk)

Komentar