Kasal Resmikan Gedung Evert Julius Ven Kondou Dipuslatpurmar 7 Lampon

Jurnalpatrolinews – Lampon, Banyuwangi : Bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han), meresmikan secara langsung penggunaan Gedung Evert Julius Ven Kondou dan beberapa fasilitas pendukung lainya yang dilaksanakan di Lapangan Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir (Puslatpurmar) 7 Lampon, Desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran Kab Banyuwangi, Selasa (16/03/2021).

Gedung yang saat ini diberi nama Evert Julius Ven Kondou tersebut pembangunannya selesai dalam jangka waktu 3 bulan, dikerjakan secara swadaya oleh prajurit Puslatpurmar 7 Lampon dan didukung oleh PT Bumi Suksesindo, beberapa fasilitas yang telah dibangun antara lain; gedung utama, jalan, pagar, pos penjagaan dan fasilitas pendukung lainnya.

Kegiatan peresmian tersebut diawali dengan kedatangan Menteri KKP dan Kasal beserta rombongan yang disambut langsung oleh Komandan Korps Marinir didampingi Pejabat Utama Mako Kormar dengan Tarian Gandrung Khas Banyuwangi, dilanjutkan rangkaian acara peresmian gedung mulai dari Sambutan Dankormar, Laporan Komando Komandan PLP 7 Lampon, Sambutan Kasal, Penandatanganan Prasasti Oleh Kasal, Sambutan Menteri KKP, Tour Facility dan Foto Bersama.

Peresmian Gedung tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti Oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut dan pemotongan Pita oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

Nama gedung ini diambil dari salah satu dari 8 personel IPAM yang saat ini disebut Intai Para Amfibi (Taifib) Marinir TNI AL yang diberikan tugas oleh Komandan KKO AL saat itu, Mayjen KKO Hartono dibawah pimpinan Kapten KKO Winanto, untuk mengangkat tujuh perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjadi korban tragedi tanggal 30 September 1965 di Lubang Buaya, beliau adalah seorang Pembantu Letnan Dua KKO (Purn.) Evert Julius Ven Kondou atau lebih akrab dengan nama “E.J. Ven Kondou” (lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 18 Mei 1937 – meninggal di Banyuwangi, Jawa Timur, 4 September 2020 pada umur 83 tahun).

Dalam Amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyampaikan bahwa peresmian Puslatpurmar 7 Lampon merupakan implikasi nyata dari komitmen TNI AL untuk terus berkarya membangun kekuatan Korps Marinir berbasis peningkatan sumber daya manusia.

Nama Evert Julius Ven Kondou yang secara resmi digunakan sebagai nama Kesatrian Puslatpurmar 7 Lampon merupakan wujud penghargaan Korps Marinir TNI AL atas jasa-jasa prajurit yang telah mengabdi dengan segenap jiwa dan raga, dimasa pengabdiannya telah menorehkan tinta emas dalam sejarah bangsa, beliau berjasa dalam mengevakuasi Jenazah Pahlawan Revolusi dari Sumur Lubang Buaya pada Tahun 1965, ucap Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M.

Diakhir amanatnya Kasal mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Komandan Korps Marinir dan seluruh prajuritnya atas dedikasi dalam merealisasikan program pembangunan kekuatan yang telah di rencanakan, yang diwujudkan dengan peresmian Puslatpurmar 7 Lampon di Kabupaten Banyuwangi

Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama Wilayah Surabaya Pejabat Utama Mako Kormar, Dankolatmar, Forkopimda Kabupaten Banyuwangi. (***/.dd)

Komentar