Kemenhub dan BRI Integrasikan Sitolaut dengan Layanan Digital Banking, UMKM Dimudahkan

JurnalPatroliNews – Jakarta – BRI bersama Kementerian Perhubungan RI melakukan sinergi untuk membangkitkan dan mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Tol Laut.

Hal tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan Perjanjian Kerjasama mengenai integrasi aplikasi Sitolaut dengan aplikasi BRISTORE dan BRIVA Web Service sebagai layanan pembayaran dan penyampaian informasi pendaftaran pengguna pada aplikasi Sitolaut.

Perjanjian Kerjasama ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo dan Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto di Gedung Kementerian Perhubungan RI, Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, dan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto.

Pada kegiatan tersebut Catur Budi Harto menjelaskan, BRI akan terus melakukan dukungan terhadap para pelaku UMKM di Indonesia, salah satunya dengan mensinergikan layanan Tol Laut yang dimiliki oleh Kementerian Perhubungan RI dengan layanan digital perbankan milik BRI.

Program Tol Laut merupakan salah satu kebijakan strategis yang dicetuskan oleh Presiden RI Joko Widodo dengan konsep pengumpulan, pengangkutan, dan pengiriman logistik kelautan antar pulau.

Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara untuk mengurangi disparitas harga, baik antar wilayah, antar pulau, antar daerah, serta memangkas biaya logistik yang mahal.

“Dukungan BRI sebagai upaya agar nasabah UMKM BRI yang berjumlah lebih dari 60 persen dari total keseluruhan jumlah Nasabah BRI secara Nasional atau sekitar 90 juta nasabah, dapat memperluas pangsa pasar dan memperoleh manfaat dari subsidi yang diberikan pemerintah melalui Program Tol Laut,” ungkap Catur.

Integrasi layanan Sitolaut melalui Sistem Pembayaran BRIVA pada menu aplikasi Sitolaut juga dapat memberikan layanan yang lebih mudah bagi para pelaku usaha untuk melakukan transaksi pembayaran atas biaya pemesanan ruang muat kapal yang ditujukan kepada operator kapal secara real time online, artinya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pembayaran BRIVA tersebut dapat dilakukan di seluruh unit kerja dan jaringan e-channel BRI di seluruh Indonesia serta melalui layanan aplikasi BRImo.

Sebagai Agent of Development, BRI terus berkomitmen mendukung program pemerintah.

Melalui dukungan jaringan unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah NKRI, diharapkan BRI dapat membuka akses yang lebih luas bagi para pelaku UMKM untuk melancarkan distribusi logistik, khususnya kebutuhan pokok, di daerah tertinggal, terluar, terdalam dan perbatasan (3TP) dengan Program TOL LAUT Kementerian Perhubungan RI.

Komentar