Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Meninjau Ketersediaan Stok Logistik dan Peralatan di Gudang BNPB

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M. M. meninjau ketersediaan logistik dan peralatan yang dimiliki BNPB pada Sabtu (21/8). Stok logistik dan peralatan tersebut tersimpan di Gudang Bhanda Graha Reksa yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Saat berkunjung di Gudang BNPB, Ganip Warsito yang juga menjabat Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional mengatakan, kesempatan ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan BNPB dalam menghadapi bencana.

“Saya ingin mengetahui barang apa saja yang ada di sini dan kegunaannya, sekaligus untuk melihat kesiapan logistik serta peralatan yang sewaktu-waktu dapat didorong saat terjadi bencana alam maupun penanganan Covid,” ujar Ganip.

Lebih lanjut ia menyatakan, barang yang ada di gudang harus selalu siap ketika harus segera digunakan untuk penanganan darurat bencana. Oleh karena itu, ia berpesan untuk memantau logistik dan peralatan secara periodik, seperti makanan siap saji, masker, PCR Kit, RNA Kit, family kit, tenda keluarga serta peralatan yang diperlukan dengan segera.

Kepala BNPB juga meninjau fasilitas ruang berpendingin atau cold storage yang berfungsi untuk menyimpan logistik khusus, seperti PCR kit, RNA kit serta antigen. Ruangan dengan suhu minus 3 hingga 21 derajat dibutuhkan untuk menjaga kualitas logistik khusus itu secara baik.

Pada kunjungan ini Kepala BNPB didampingi pejabat tinggi lain, yaitu Sekretaris Utama, Plt. Deputi Penanganan Darurat dan Deputi Rehabilitasi Rekonstruksi.

Komentar