Ketua Umum DPN Pemuda Adat Papua: Pemerintah Harus Rekrut Orang Papua Kerja di Smelter Gresik

Ist

JurnalPatrolinews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu meresmikan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus KEK) Gresik, Provinsi Jawa Timur, Selasa (12/10/2021). 

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, hari ini saya nyatakan dimulainya peletakan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di kawasan KEK Gresik Provinsi Jawa Timur,” ucap Jokowi ketika melakukan peresmian pabrik smelter.

Bacaan Lainnya

Presiden menjelaskan, smelter yang akan dibangun dengan single line ini adalah yang terbesar di dunia. Bahkan memiliki kapasitas untuk mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga pertahun. Selain itu, pembangunan ini juga diklaim menyerap 40.000 tenaga kerja di Gresik dan Provinsi Jawa Timur, apalagi jika sudah beroperasi.

“Kapasitas smelter yang mampu mengolah 1,7 ton konsentrat tembaga pertahun adalah sangat besar. Karenanya, ia yakin pembangunan ini akan membawa efek positif bagi perekonomian Tanah Air,” kata Jokowi.

Pos terkait