Kuda Hitam di Semifinal Liga Champions: Tidak Ada Atalanta, RB Leipzig Pun Jadi

JurnalPatroliNews-Lisbon – RB Leipzig mungkin tidak masuk dalam tim unggulan di pentas Liga Champions musim 2019/2020. Namun, sejauh ini mereka mampu membuat kejutan dengan melaju hingga babak semifinal.

RB Leipzig seakan menggantikan posisi Atalanta sebagai tim kuda hitam di semifinal Liga Champions. Atalanta memang nyaris lolos jika tidak ada dua gol pada injury time saat kontra PSG.

Menariknya, RB Leipzig, sang kuda hitam bakal melawan PSG di semifinal. Tentu sangat menarik untuk ditunggu apakah mereka bisa lolos ke final.

RB Leizig sendiri melaju ke Liga Champions usai meraih posisi ketiga klasemen Bundesliga 2018/2019. Mereka berada di bawah Bayern Munchen dan Borussia Dortmund di klasemen.

Di fase grup, RB Leipzig tampil sangat bagus. Mereka mampu berada di puncak klasemen Grup G dengan 11 poin. Die Roten Bullen atau Si Banteng Merah -julukan RB Leipzig- meraih tiga kemenangan.

Lolos ke babak 16 Besar, RB Leipzig mendapat lawan berat yakni Tottenham yang dilatih Jose Mourinho. Namun, mereka mampu lolos dengan mudah usai menang agregat 4-0 atas Tottenham.

Kalahkan Atletico Madrid

Di babak semifinal, RB Leipzig berjumpa Atletico Madrid. Lagi-lagi mereka tidak diunggulkan. Atletico Madrid punya catatan sejarah lebih baik di Liga Champions. Pemain mereka juga lebih mewah.

Satu lagi, Atletico lolos ke babak semifinal usai mengalahkan Liverpool, sang juara bertahan.

Namun, dengan format satu leg, RB Leipzig membuat kejutan dengan mengalahkan Atletico. Pada duel di Estadio Jose Alvalade, Jumat (14/8/2020) dini hari WIB, RB Leipzig menang dengan skor 2-1.

Gol Dani Olmo pada menit ke-50 berhasil disamakan oleh eksekusi penalti Joao Felix. Namun, Leipzig sukses kembali unggul sekaligus memastikan kemenangan lewat aksi Tyler Adams, dua menit sebelum laga usai.

Bagi RB Leipzig, kemenangan ini adalah sejarah penting bagi klub. Untuk pertama kalinya mereka lolos ke babak semifinal Liga Champions. Menariknya, RB Leipzig adalah klub baru. Mereka didirikan pada 2009 lalu. Ya, saat ini RB Leipzig berusia 11 tahun! (bola.com)