Kudeta Militer di Myanmar : Aung San Suu Kyi Ditangkap !

Jurnalpatrolinews – Yangoon : Militer Myanmar melancarkan kudeta dan mengambil alih kekuasaan di negara itu, serta mengumumkan pemerintahan darurat selama setahun.

Seperti dikutip New York Times, Aung San Suu Kyi, Senin (1/2/2021) dinihari ditangkap oleh militer Myanmar dalam sebuah aksi kudeta terhadap pemerintahan yang sudah berkuasa selama lima tahun di negara itu.

Selain Aung San Suu Kyi, Presiden Myanmar, U Win Myint, jajaran kabinet, sejumlah kepala daerah, kelompok oposisi, jurnalis dan aktivis juga ikut ditangkap.

Pejabat Partai Liga Nasional untuk Demokrasi, LND mengonfirmasi penangkapan terhadap Aung San Suu Kyi oleh militer Myanmar setelah mereka mengumumkan kudeta dan mengalihkan kekuasaan ke tangan Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Min Aung Hlaing.

Akibat kudeta militer ini, seluruh komunikasi diputus, penerbangan ditunda dan pasukan Myanmar ditempatkan di jalan-jalan kota negara itu. Militer Myanmar mengatakan kudeta dilakukan karena pemerintah berkuasa terbukti melakukan kecurangan pemilu.

Komentar