Laporan : Iran Menyerahkan Drone Bermuatan Bom ke Houthi Yaman di Tengah Ketegangan Laut Merah

Jurnalpatrolinews – Teheran : Iran telah mengirim drone bermuatan bahan peledak ke sekutunya pemberontak Houthi di Yaman, Newsweek  melaporkan Rabu.

Menurut laporan itu, drone Shahed-136 telah dikerahkan di provinsi utara al-Jawf sebagai persiapan untuk kemungkinan serangan.

Amunisi memiliki jangkauan antara 2.000 dan 2.200 kilometer, yang menempatkan sejumlah besar target dalam jangkauan mereka, terutama Israel.

Para ahli mengatakan kepada outlet itu bahwa Iran kemungkinan berencana untuk menyerang dari daerah yang dikuasai Houthi dalam upaya untuk membuat operasi itu lebih dapat disangkal.

Langkah itu dilakukan ketika Iran mengirim kapal perang untuk berpatroli di Laut Merah , mengatakan bahwa kapal dagangnya menghadapi agresi di daerah tersebut.

Kapal non-Iran juga telah diserang di Laut Merah, dengan laporan serangan ranjau Houthi di sebuah kapal pada akhir Desember.

Pada akhir 2019, instalasi minyak utama Saudi mengalami serangan hebat, termasuk rudal dan drone bunuh diri, yang untuk sementara waktu memangkas produksi minyak global sekitar lima persen.

Sementara serangan itu diklaim oleh Houthi, AS menyalahkan Iran.

Komentar