Leon Spinks, Mantan Juara Dunia Kelas Berat Yang Mengalahkan Muhammad Ali, Meninggal Pada Usia 67 Tahun

Jurnalpatrolinews – New York : Leon Spinks , mantan Marinir yang menjadi petinju medali emas Olimpiade dan pernah mengalahkan Muhammad Ali dalam perebutan gelar, telah meninggal . Dia berusia 67 tahun.

Spinks telah memerangi berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat, selama bertahun-tahun, menurut seorang juru bicara.

“Beristirahatlah dalam damai, Leon Spinks,” Presiden Dewan Tinju Dunia Mauricio Sulaiman tweeted Sabtu malam. “Peraih medali Olimpiade, peraih medali Pan Amerika, dan tentu saja, juara kelas berat WBC.”

Spinks mengalahkan juara bertahan Ali pada tahun 1978 hanya dalam pertarungan profesional kedelapannya, mengejutkan dunia tinju dan merebut kejuaraan kelas berat dunia setelah keputusan terpisah di Las Vegas, Nevada. Itu tetap menjadi salah satu gangguan terbesar dalam sejarah tinju.

“Ali mengira saya pengecut, dan saya harus membuktikan kepadanya bahwa saya tidak,” kata Spinks pada 2014. “Saya tahu saya bisa mengalahkannya setelah menonton pertarungannya.”

Dalam pertandingan ulang akhir tahun itu, Ali merebut kembali sabuk di New Orleans.

Dia meraih emas Olimpiade di Montreal pada tahun 1976. Adiknya Michael memenangkan medali emas di kelas berat terpisah pada tahun yang sama.

Spinks melakukan tembakan gelar kedua pada tahun 1981 melawan Larry Holmes tetapi gagal di babak ketiga. Michael Spinks kemudian merebut sabuk itu dari Holmes pada 1985, kalah dari Mike Tyson tiga tahun kemudian dalam pertarungan terakhirnya.

Leon Spinks mengakhiri karirnya dengan rekor 26-17-3, termasuk 14 kemenangan KO.

Dia dilantik ke National Boxing Hall of Fame pada 2016.

Spinks telah berjuang melawan beberapa masalah kesehatan selama dekade terakhir. Dia didiagnosis menderita penyusutan otak pada tahun 2012, suatu kondisi yang menurut dokter berasal dari pemukulan yang dia lakukan di atas ring, dan pada tahun 2014 dia dirawat di rumah sakit karena masalah perut.

Komentar