Maksudnya Apa! India Gelar Latihan Militer Gede-gedean Dekat Perairan Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta,- belakangan ini ada Aktifitas Militer tidak jauh dari Pulau Sabang, Provinsi Aceh, Indonesia, yakni sekitar 700 kilometer. Hal ini menjadi perhatian Pemerintah RI.

India dilaporkan menggelar Latihan Militer berskala besar dengan Angkatan bersenjata & Pasukan Terjun Payung di Kepulauan Andaman dan Nicobar yang dekat dengan perairan Indonesia.

Latihan Gabungan (Latgab) antara Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Idara (IAF), Penjaga Pantai serta Korps Pasukan Khusus ini dilakukan guna menguji mobilisasi, operasi, dan kesiapan tempur anggota, demikian dilansir Times of India,

Hal ini dilakukan untuk memvalidasi dan melatih berbagai rencana dan Kontinjensi dalam pengaturan taktis yang Realistis di bawah Komando dan kendali keseluruhan Komando Andaman dan Nicobar bersama (ANC), yakni satu-satunya Komando Operasi atau Teater layanan Gabungan Negara.

Letnan Jenderal Ajai Singh, Komandan ANC, mengatakan, Pasukan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara akan dimobilisasi untuk pendaratan Amfibi selama manuver tempur.

Sementara Pasukan Terjun Payungnya juga melakukan serangan udara di wilayah Pulau Andaman, Rabu (22/12) silam.

India mulai meningkatkan Militer mereka di tengah Konfrontasi Militer yang sedang berlangsung dengan China di Ladakh timur sejak April-Mei 2020 lalu.

ANC sendiri didirikan sebagai Komando Geografis gabungan pertama India pada Oktober 2001. Namun ini belum mencapai potensinya karena Perang Wilayah antar tiga Angkatan, Apatisme Politik-Birokrasi Umum, krisis dana, dan masalah Lingkungan.

Komentar