Mantan Tokoh OPM Minta Otsus Dilanjutkan Untuk Masa Depan Generasi Muda Papua

Jurnalpatrolinews – Papua : Mantan Pimpinan Kodap II Muragame, Yusen Tabuni menyatakan dengan tegas bahwa dirinya siap mendukung otonomi khusus (Otsus) dilanjutkan.

Selama kurun waktu sekitar 20 tahun, otonomi khusus  telah diselenggarakan di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, dimana tidak terlepas dari masih adanya kekurangan dalam pelaksanaan otonomi khusus tersebut, meskipun manfaat dari pelaksanaan otonomi khusus juga dianggap sudah dirasakan oleh masyarakat Papua.

Yusen Tabuni  mengatakan bahwa menurutnya penerapan Otsus bagi masyarakat Papua dan Papua Barat itu sangat penting, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Keberadaan Otonomi Khusus juga menjadikan anak – anak muda Papua banyak yang bersekolah hingga ke perguruan tinggi di Indonesia, bahkan hingga bisa sampai keluar negeri” ujarnya

“Dengan adanya dana Otsus ini dimana adik-adik saya, keluarga maupun teman-teman saya yang tinggal didaerah pedesaan yang sebelumnya jarang mendapat perhatian saat ini bisa setara dengan masyarakat yang ada diluar Papua dan bisa mengenyam pendidikan yang layak,” jelasnya.

Adanya Otsus menjadikan masyarakat Papua diberikan bantuan penuh guna menunjang kegiatan pendidikan baik dari seragam, alat tulis, uang saku hingga biaya hidup bagi mereka yang mau dan bersedia menimpa ilmu di kota yang berada di luar Papua.

Atas dasar hal tersebut maka Yusen Tabuni  menyatakan dengan tegas bahwa dirinya siap mendukung program Pemerintah RI secara penuh mengenai kelanjutan diterapkannya Otsus jilid II di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dirinya berharap dengan dilanjutkannya Osus jilid II, maka indeks pertumbuhan manusia (IPM) masyarakat Papua dapat meningkat dan bersaing dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

(kitorangpapuanews)

Komentar